Kursus Online Java Terbaik Untuk Pemula

Apakah Anda sedang mencari kursus programming online Java terbaik untuk pemula? Katakanlah saat ini Anda adalah seorang lulusan ilmu komputer atau mungkin programmer yang ingin belajar Java. Anda ingin menemukan sumber daya demi mendukung keinginan Anda tersebut.

Beberapa diantaranya adalah buku-buku, tutorial Java yang bagus, atau kursus online Java. Artikel ini akan memberikan informasi pada Anda mengenai beberapa kursus Java terbaik yang dapat diikuti oleh pemula untuk belajar Java.

Mengimbangi peningkatan jumlah rilis adalah salah satu masalah utama dalam mempelajari Java. Seperti Anda ketahui, Java 8 dirilis pada tahun 2014 dan itu benar-benar mengubah cara penulisan Java.

Kemudian hanya dalam 6 bulan, Java SE 14 dan 15 di rilis pada bulan Maret dan September 2020. Baru-baru ini juga Java 16 sudah di rilis di bulan Maret 2021. Terlepas dari itu semua, Java core masih sama dan tetap kompatibel untuk semua perilisan sebelumnya, jadi ini adalah kabar yang bagus.

Dengan lebih dari 20 tahun Bahasa Pemrograman Java telah berhasil memperluas penerapannya ke hampir setiap bidang.

Mulai dari aplikasi-aplikasi seluler kecil sampai aplikasi perbankan raksasa yang berjalan di bank dengan investasi besar.

Penggunaan Java terutama digunakan pada sisi server untuk laporan berperforma tinggi tapi berlatensi rendah yang mampu menangani tugas-tugas kompleks dengan baik.

Java sangat kuat pada bank-bank investasi untuk digunakan pada aplikasi perdagangan end-to-end. Misalnya aplikasi front office untuk trade capture, aplikasi kantor menengah untuk penanganan pemesanan dan alokasi, dan aplikasi back office untuk pengiriman konfirmasi.

Ada area lain di mana penggunaan Java benar-benar vital dan itu adalah ketika Anda membuat aplikasi Android.  Tapi Anda mungkin tahu jika Google sudah mendeklarasikan Kotlin sebagai bahasa resmi dalam hal pengembangan aplikasi Android.

Namun, bahasa Java masih cukup besar dan kuat. Tidak ada tanda-tanda perlambatan untuk bahasa pemrograman ini di tahun-tahun mendatang.

10 Kursus Programming Java Online Terbaik untuk Pemula di 2021

Berikut ini adalah beberapa kursus Java yang terbaru, terkini, tetapi juga cocok untuk pemula.

1. Pemrograman Masterclass Untuk Pengembang Software

Ini adalah kursus online di Udemy yang sampai saat ini sudah memiliki 480,000 murid terdaftar dan rating 4.6 sebanyak 138,675 yang sudah banyak berbicara tentang kualitasnya.

Jadi penilaian mengenai kursus ini sangat objektif. Kursus komprehensif ini juga menyertakan perubahan dari Java 8 dan Java 9. Dengan materi lebih dari 72 jam Anda akan senang mempelajari materi-materi utama yang perlu dipahami oleh pengembang Java, seperti:

  • Struktur data
  • OOP
  • Dasar core Java: Collections, MultiThreading, File I/O, Database, Network, Java 8, Unit Testing, dan perubahan-perubahan pada Java 9.

Instruktur Java dari kursus ini juga terkenal di Udemy dan itu adalah bukti sosial yang sangat besar. Tidak hanya itu, Anda juga akan mempelajari setiap konsep secara rinci dan konsep program satu per satu.

Baca Juga:  7 Alasan Kenapa Belajar Java?

Selain itu, Anda juga akan mempelajari penggunaan tools gratis seperti Eclipse, Maven, dan lainnya yang penting untuk pengembangan Java.

Singkatnya ini adalah salah satu kursus paling lengkap untuk belajar Java yang cocok untuk pemula atau jika Anda adalah seorang pengembang Java yang memulai kembali setelah sekian lama, misalnya terakhir menggunakan kode Java sebelum JDK 1.5.

2. Pemrograman Java Untuk Anda Yang Benar-benar Pemula

Sampai saat ini, Kursus Java ini sudah memiliki 102,425 peserta dan rating 4.5 sebanyak 15,426. Ini adalah kursus yang relatif fresh untuk belajar Java di Udemy dan dan juga paling mutakhir.

Dalam kursus ini Anda akan belajar penggunaan alat seperti JShell yang sudah diperkenalkan di Java 9 yang akan mengajari Anda mengenai bagaimana memprogram di Java secara interakatif.

Metode pengajaran langkah demi langkah, struktur kursus, pendekatan instruktur, dan gaya mengajar juga sangat baik. Ini juga adalah kursus Java lengkap yang mencakup semua konsep vital pada Java seperti:

  • Dasar-Dasar Java
  • Pemrograman Berorientasi Objek
  • Collections Java
  • Generik
  • Multithreading dan Konkurensi
  • Jaringan Pemrograman Fungsional
  • Penanganan file
  • Exception Handling.

Dengan mengikuti kursus ini, Anda akan merasa lebih nyaman ketika membaca dan menulis program Java. Anda juga akan lebih percaya diri saat wawancara bila Anda belajar Java untuk mendapatkan pekerjaan.

3. Kursus Java Engineer

Ini adalah pilihan yang patut Anda pertimbangkan ketika ingin mempelajari Java dari awal. Kursus online Java ini bagus dan cocok untuk Anda yang ingin belajar Java secara In-Depth.

Instrukturnya memiliki pemahaman dan pengetahuan yang sangat baik dengan cara penjelasan yang membuat kursus ini menarik.

Seperti kursus Java yang sudah di bahas sebelumnya, dengan mengikuti kursu ini Anda juga akan mendapatkan materi lengkap tentang dasarJava seperti class, method, variabel, thread, struktur data, collections, network, dan sebagainya.

Namun kekurangan dari kursus ini adalah ini adalah kebanyakan berbasis slide dengan contoh kode di sana-sini. Jadi, jika ada penggunaan kode dengan JShell tentu itu akan sangat membantu.

4. Bootcamp Pengembangan Java Lengkap

Tidak diragukan lagi, kamu datang ke tempat kursus Udemy terbaik jika ingin mempelajari dasar-dasar pemrograman Java, OOP, dan Pengembangan Web. Anda akan mendapatkan dukungan 70 Workbooks, Tantangan, dan tiga proyek Capstone.

Sama seperti dua kursus sebelumnya, Anda akan mempelajari topik penting pada Java seperti method, pernyataan kontrol, variabel,String, array, loop,  OOP, penanganan file, database, collections, multithreading, koleksi, dan sebagainya.

Kursus ini memang dibuat untuk Anda yang tidak memiliki pengalaman sampai menjadi pengembang Java profesional.

Baca Juga:  Prospek Kerja Paling Keren di Bidang Komputer

Anda akan mendapatkan tiga modul dalam kursus ini, yaitu: Dasar-dasar Java, Pemrograman Berorientasi Objek, dan pengembangan web. Dengan demikian, Anda akan mendapat banyak sekali kesempatan untuk berlatih dan belajar.

5. Fundamental Java: Bahasa Java

Tidak salah lagi, ini adalah kursus Java yang hebat untuk para pemula di Pluralsight. Dalam kursus ini, Anda akan diajak untuk mempelajari dasar-dasar Java, termasuk Class, Object, Threads, Tipe Data, Error, Files, Exception handling, dan beberapa konsep inti Java lainnya.

Instruktur dari kursus ini memiliki latar belakang insinyur perangkat lunak dengan pengalaman tidak kurang dari 30 tahun. Secara garis besar ini adaalah kursus online Java yang bagus untuk belajar java dari sudut pandang pemula.

Tidak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan cakupan lengkap mengenai bahasa Pemrograman Java dan server seperti yang akan Anda temukan untuk semua pekerjaan pengembangan berbasis Java. Misalnya pengembangan sisi server, pengembangan sisi klien, dan termasuk aplikasi Android.

Untuk mendapatkan kursus ini Anda memerlukan keanggotaan Pluralsight. Biaya langganan bulanannya sekitar $ 29/bulan tapi Anda memiliki akses ke lebih dari 500 kursus yang sepadan dengan uang yang Anda keluarkan.

Adakalanya, Pluralsight memberikan promosi untuk mendapatkan keanggotaan tahunan dengan hanya $ 199 yang cukup penting ketika Anda berniat untuk selalu meningkatkan keahlian Anda.

6. Sertifikat Spesialisasi Pemrograman Java dan Fundamental Software Engineer

Kursus Java ini didesain untuk pemula dengan spesialisasi yang akan mengajarkan Anda mengenai konsep pemrograman inti Java. Anda akan mendapat bekal untuk menulis program untuk memecahkan masalah yang lebih kompleks.

Di samping itu Anda juga akan mendapatkan keterampilan dasar yang dibutuhkan seorang software engineer untuk menemukan solusi masalah dunia nyata. Di mulai dari mendesain algoritma pemrograman sampai ke pengujian dan debugging program Anda.

Spesialisasi ini terdiri dari 4 bagian yang meliputi OOP di Java, Struktur Data, Struktur Data Lanjutan, dan penguasaan wawancara software engineer. Meskipun semua kursus dalam spesialisasi ini free-for-audit,  Anda tetap harus membayar jika memerlukan sertifikatnya.

7. OOP dalam Spesialisasi Java

Ini adalah spesialisasi Coursera bagi para calon software developer yang sudah memiliki pengalaman pemrograman, setidaknya dengan satu bahasa lain misalnya, Python, C, JavaScript, dan lainnya.

Kursus ini juga bertujuan untuk membantu cara pemecahan masalah yang lebih rumit melalui desain beriorentasi objek dengan Java.

Selain belajar pemrograman Java, Anda juga bisa mendapatkan pengalaman dalam dua lingkungan Java developer, yaitu belajar cara memprogram dengan user interfaces, dan bagaimana menyusun program yang bisa mengelola data dalam jumlah besar dengan baik dan efisien.

Kursus Coursera kredibel karena dibuat oleh perusahaan dan universitas terkenal di seluruh dunia. Jika Anda bergabung dengan Coursera Plus, anda mendapatkan paket subcription dari Coursera untuk akses tak terbatas ke kursus paling populer, sertifikat profesional, spesialis, dan proyek terpandu. Dengan harga sekitar $399/tahun dan Anda bisa mendapatkan sertifikat tanpa batas.

Baca Juga:  7 Tips Cepat Belajar Java Pemula

8. Pemrograman Java Profesional

Kursus Program Java Profesional dari Karpado ini sangat bagus Anda ikuti jika Anda ingin menjadi menjadi seorang pengembang Java profesional. Melalui kursus ini juga bisa menjadi cara tercepat bagi Anda untuk menjadi full stack developer Java yang memiliki harga tinggi.

Kursus ini juga cocok bagi Anda yang ingin mempelajari Java secara mendalam. Saat ini, Karpado menawarkan pada Anda semua kursus Java level pemula hingga mahir untuk semua tingkat, dengan hanya $1 saja selama 30 hari. Jadi Anda dapat memanfaatkan kursus ini untuk menjadi pengembang Java full stack yang handal di tahun ini.

9. Pemrograman Java: Memecahkan Masalah Dengan Software

Kursus yang luar biasa dari Coursera ini akan membantu Anda belajar membuat kode dengan bahasa Java dan untuk meningkatkan keterampilan pemrograman dan pemecahan masalah. Anda juga akan belajar mengenai perancangan algoritma, mengembangkan,  dan debugging program.

Kelas open source khusus tersedia dan digunakan untuk menulis program yang bisa mengakses dan mengubah gambar, situs web, dan berbagai jenis data lainnya.

Pada akhir kursus, Anda akan belajar membuat program untuk menentukan popularitas nama-nama bayi di Amerika dari waktu ke waktu dengan menganalisis file CSV.

Selain itu, Anda akan mendapatkan sertifikat setelah Anda berhasil menyelesaikan kursus ini.

10. Spesialis Java Superpack

Kursus dari Java Spesialis ini mungkin adalah sumber daya paling canggih untuk setiap pengembang Java profesional atau bagi seseorang yang bertekad untuk menjadi ahli Java.

Dibuat oleh juara Java, paket ini terdiri dari semua kursus mendalam tentang Konkurensi, pola desain, thread, dasar Java, continuous delivery, bits, dan bytes. Selain Anda bisa menghemat banyak pengeluaran dibandingkan dengan membeli kursus individu, Anda juga akan membuktikan investasi di masa depan.

Selain itu, semua pelatihan tambahan yang telah dihasilkan hingga akhir 2021 akan dimasukkan ke Superpack ini secara gratis.

Nah, itulah beberapa kursus terbaik untuk belajar Java di tahun ini. Ternyata ada banyak peluang bagi pengembang Java. Begitu Anda mengenal Java dengan baik, nilai jual Anda akan tinggi. Dengan demikian, Anda bisa saja bergabung dengan perusahaan yang melakukan banyak pengembangan Java. Anda juga bisa menjadi developer aplikasi seluler dengan membuat berbagai game atau aplikasi pada platform Android. Anda tidak akan kekurangan kesempatan untuk memberikan popularitas dan kekuatan Java di dunia pengembangan software.

Leave a Comment