HP Spectre x360 Core i7 Convertible 14 Kelas Top Premium

HP Spectre x360 Core i7 Convertible 14 – HP Spectre berada di jajaran tertinggi laptop kelas premium dari HP. Laptop ini sudah tentu jadi incaran para eksekutif dan pekerja papan atas yang tidak memerlukan pemakaian laptop kelas workstation yang lebih besar dan berat.

HP-Spectre-X360-14

HP Spectre selalu mencuri perhatian orang lain saat laptop ini diletakkan di atas meja saat meeting. Desain laptopnya yang keren didukung dengan performa yang tinggi dan fitur melimpah. Tentu itu merupakan fitur-fitur spesifik dari sebuah laptop tipis.

Desain dan Bodi HP Spectre x360 Core i7 14

Bodi laptop HP Spectre x360 adalah convertible atau 2 in 1 tentunya yang dapat difungsikan sebagai perangkat tablet.

Materialnya aluminium dan memang masih mempertahankan desain khas Spectre x360. Namun ukuran bodinya sekarang agak sedikit membesar demi mengakomodasi layar 3:2.

Desain-HP-Spectre-x360-Convertible-14
Credit: HP

Desain Gem Cut di tepi bodi dan sudut Corner Cut tampak menarik sekali. Secara keseluruhan, desain ini masih dipertahankan dari HP Spectre x360 terdahulu.

Penampilan HP Spectre x360 14 tampak elegan, mewah, dan sesuai dengan kelas produk laptop top-premium dari HP.

Warna Nighfall Black Aluminium dengan Copper Luxe Accent merupakan warna klasik dari Spectre hitam atau cokelat tua yang dihiasi aksen-aksen tembaga yang keren.

Dimensinya adalah panjang 29,8 cm, lebar 22,01 cm, dengan ketebalan cuma 1,69 cm. Memang lebarnya bertambah karena memiliki layar 3:2.  Bobotnya cukup ringan, total hanya 1,29 kg dan berat charger 204 gram.

Baterai dan Pengisian Daya

Tipe chargernya adalah 65W dan USB Type-C. Cukup praktis karena Anda bisa menggunakannya untuk mengisi daya smartphone. Jadi Anda tidak perlu repot membawa charger untuk smartphone lagi.

Charger-nya juga menggunakan braided cable sehingga daya tahan lebih tinggi. Bobot charger dan laptop secara keseluruhan sekitar 1,49 kg. Jadi laptop ini tergolong ringan kalau Anda ingin membawanya.

Spesifikasi dan Performa HP Spectre x360 Convertible 14

HP Spectre x360 14 merupakan laptop teranyar dari jajaran HP Spectre yang memiliki prosesor Intel Core i7 11th generation di awal tahun 2021.

Spesifikasi utama dari laptop HP Spectre x360 14 adalah Intel Core i7 1165G7, Tiger Lake, 10 nm,  4C/8T dan Smartcase 12 MB. Selanjutnya memori atau RAM 16 GB LPDDR4 X4266 MHz. Spek itu adalah pilihan RAM yang paling cepat dan sudah dual-channel juga.

RAM tersebut memang onboard jadi Anda tidak bisa meng-upgradenya. Meskipun demikian, RAM 16 GB dari HP  Spectre sepertinya sudah bagus sekali.

Kemudian untuk kebutuhan penyimpanan Anda memiliki 2 TB SSD NVMe PCIe. Jadi kapasitas penyimpanannya sangat lega dan besar.

Sedangkan untuk grafik terintegrasi, laptop ini menggunaka Intel Iris Xe Graphics dengan 96 EU dengan kinerja yang lumayan bagus.

Pengaturan profil performa tersedia di aplikasi HP Command Center, Anda bisa memilih:

  • Smart Sense: Fitur terbaru ini secara otomatis mengatur performa laptop, level kebisingan kipas, dan temperatur kerja berdasarkan aktivitas, posisi laptop, dan kondisi baterai. Profil ini cocok jika Anda tidak ingin ribet mengganti profil performa.
  • Manual
  • Balanced
  • Performance
  • Cool
  • Quiet
  • Power Saver
Baca Juga:  Asus ZenBook 13 UX331UN: Ultraportable dan Spesifikasi Mantap

Layar

Layarnya memiliki rasio 3:2 untuk mendukung kebutuhan ruang kerja yang lebih lapang. Selain itu, laptop ini juga sudah tersertifikasi EVO dan manjadi laptop dengan fitur yang sangat lengkap.

Display-nya adalah layar sentuh berukuran 13,5 inci meskipun namanya HP Spectre x360 14. Penamaan ini bertujuan dilakukan agar para pelanggan tidak tertukar dengan HP Spectre x360 13.  Seperti Anda tahu, versi 13-nya memiliki layar 13,3 inci dan rasio 16:9. Sedangkan versi x360 jadi 14 punya rasio 3:2 yang lebih besar layarnya.

Ukuran layar 13,5 inci sangat cocok jika Anda membutuhkan laptop dengan layar yang signifikan tapi tidak ingin tampilan 14 inci karena dirasa terlalu besar.

Resolusi nya adalah 3K (3000×2000 pixel), 60Hz. Rasio aspek 3:2 ini memang membuat sisi tegak layar tampak menjadi lebih tinggi untuk menjadikan ruang kerja Anda lebih luas secara vertikal.

Selain itu, Anda jadi dapat melihat lebih banyak konten dalam satu layar  saja. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot dengan melakukan banyak scrolling ketika browsing, atau membaca dokumen seperti spreadsheet Excel dan sebagainya.

Luar biasanya HP Spectre x360 14 memiliki panel OLED 100% DCI-P3 400 nits dan bukan sRGB lagi. Jadi Anda akan mendapatkan kecerahan layar yang sangat tinggi dengan nilai Delta E di bawah 2.

Layar seperti ini sangat pas digunakan untuk kebutuhan pengeditan video. Selain itu, layarnya juga sudah mendukung HDR dan VESA Certified DisplayHDR.

Program HP Display Control untuk mengatur profil warna layar juga tersedia dengan pilihan:

  • Default
  • Web (sRGB)
  • Printing and Imaging (Adobe RGB)
  • Photos and Videos (DCI-P3)
  • Native
  • Auto: Profil warna secara otomatis menyesuaikan dengan softawre yang dijalankan. Contohnya, saat Anda menjalankan Edge atau Chrome maka profil Web (sRGB) langsung di aktif kan. Namun, Anda juga dapat mengatur profil warna yang akan diaktifkan saat software bekerja secara manual.

Layar HP Spectre x360 14 juga memiliki teknologi Focus Mode di software HP Command Center. Saat Anda mengaktifkannya maka jendela aplikasi yang digunakan akan tetap terang sementara jendela lainnya yang menjadi background akan redup. Dengan demikian Anda jadi lebih fokus dan tidak terganggu. Tidak hanya itu, fitur ini juga dianggap mampu menghemat pemakaian baterai karena tidak semua bagian layar menjadi terang.

Permukaan layarnya glossy seperti pada layar sentuh secara umum. Menariknya, permukaan layar itu sudah menggunakan Anti Reflection Corning Gorilla Glass.

Anda tidak akan terganggu lagi dengan efek menyilaukan dari pantulan-pantulan di layar. Tidak hanya itu, layar HP Spectre x360 14 juga lebih tahan gores karena touchscreen membutuhkan kemampuan tersebut. Apalagi Anda juga bisa menggunakan stylus pen juga.

HP-Spectre-x360-Core-i7-convertible-14-dengan-stylus-pen

Anda juga akan melihat desain bingkai layar Micro Edge Display yang menarik dan sangat tipis di 3 sisi. Hal itu membuat rasio layar : bodi laptop sekitar 90%. HP juga tetap menempatkan kamera 720p 30fps dengan ukuran modul 2,2mm di area bingkai atas.

Baca Juga:  Tips Merawat Laptop Praktis Supaya Tahan Lama

Sedangkan untuk stylus nya, terkait dengan operasional layar sentuh, Anda akan mendapatkan HP Rechargeable MPP 2.0 Tilt Pen yang ada dalam paket penjualannya. Dengan demikian, aktivitas seperti membuat catatan atau menggambar akan lebih mudah.

Microsoft Pen Protocol 2.0 membuat fungsi keseluruhan stylus jadi langsung aktif tanpa harus ada konektivitas ekstra seperti Bluetooth. Fungsi tombol tersebut bisa Anda setting menggunakan aplikasi HP Pen Control.

Fitur Palm Rejection adalah salah satu fitur menarik.  Jadi saat menggunakannya untuk menggambar Anda tidak perlu khawatir terkena telapak tangan. Pen ini juga memiliki baterai yang bisa Anda isi ulang dengan konektor USB Type-C dan diklaim punya daya tahan sampai 30 hari untuk sekali pengisian daya.

Indikator lampu di ujung sebelah atas stylus akan menunjukkan status pengisian daya dan baterai nya. Anda bisa membawa Stylus dengan menempelkannya di sisi kiri bodi laptop karena ada magnet di situ. Atau Anda juga bisa memasukannya pada tempat Stylus di slip bag.

Audio

Audio untuk HP Spectre x360 14 menggunakan Bang & Olufsen dengan 4 buah speaker, 2 di sebelah atas keyboard mengarah langsung pada user dan dua speaker mengarah ke alas laptop.

Aplikasi B&O Audio Control bisa Anda gunakan untuk pengaturan profil audio dan equalizer. Kualitas suaranya lantang dan mungkin salah satu yang terbaik yang pernah Anda dengar.

Port dan Konektivitas

Di sisi kiri Anda akan menemukan satu USB 3.1 Gen.2 Type-A (10GB/s) yang mendukung fitur HP Sleep and Charge.  Di sisi kanan ada satu MicroSD Card Reader, dua Thunderbolt 4 dengan konektor Type-C, dan 3,5mm Audio Combo Jack.

Port-konektivitas-HP-Spectre-x360-14

Sementara itu, tiap konektor Thunderbolt 4 juga mendukung USB 4 Display Output dengan protokol Display Port, Power Delivery, dan fitur HP Sleep and Charge.

Jadi Anda bisa menggunakan masing-masing konektor untuk mengisi daya laptop. Selain itu juga siap dipasangkan dengan perangkat Thunderbolt lainnya seperti GPU eksternal atau SSD eksternal.

Kalau Anda merasa konektor tersebut belum mencukupi, HP juga menyediakan aksesori HP Elite USB-C Hub untuk tambahan konektor seperti

  • USB 2.0 Type-A
  • USB 3.2 Gen1 Type-A
  • HDMI ukuran normal
  • USB Type-C untuk mengisi daya

Jadi konektor-konektor dalam paket penjualannya sudah sangat lengkap.

Untuk konektivitas tanpa kabel, HP Spectre x360 14 menggunakan modul nirkabel Intel Wifi 6 AX201 yang sudah mendukung Gigabit Wifi, Bluetooth v5.1, dan Multi User MIMO.

Keyboard

Desain dan layout keyboard mirip dengan HP Envy C360 tahun 2020 yang di buat dari bahan organik yang dapat di per baharui dengan Switch Tipe Scissor dengan travel distance 1,5mm. Anda akan menyukai keyboard ini ketika  mengetik.

Anda bisa menggunakan tombol F4 untuk mengubah lampu latar yang putih dengan 2 tingkat kecerahan . Tombol powernya menyatu dengan keyboard, posisinya ada di sebelah atas tombol backspace. Laptop baru masuk mode Sleep ketika Anda menahan tombol tersebut selama beberapa detik.

Baca Juga:  Harga Laptop Asus VivoBook 15 F512da Ryzen 3-3200u dan Review

Layar 3:2 membuat touchpad Spectre x360 jadi luas dan lebar. Posisinya ada di tengah dan sejajar dengan tombol spasi + alt yang kanan. Juga lebih menyenangkan karena sudah menggunakan Windows Precision Driver sehingga pemakaiannya jadi lebih nyaman.

Dari segi keamanan laptop HP Spectre x360 14 menerapkan keamanan biometrik dengan sensor pemindai sidik jari. Posisinya ada di sekitar tombol keyboard, tepatnya antara tombol panah kiri dan alt kanan. Desain ini juga menggantikan tombol Control (ctrl) kanan dan jika diperhatikan posisinya memang agak tidak biasa.

Selain itu, kamera infra-merah juga bisa digunakan untuk pengenalan wajah. Selanjutnya Anda juga mendapatkan cover privasi pada webcam. Anda bisa mengaktifkannya secara digital dengan menekan tombol khusus di sebelah kiri tombol power laptop sehingga lapisan kaca pada kamera berubah menjadi semacam penutup bermotif hitam-putih. Ketik tombol itu aktif maka kamera tidak akan lagi terdeteksi oleh Windows.

Anda juga akan menemukan tombol khusus untuk menonaktifkan microphone laptop dengan cepat. Tombol itu menyatu dengan tombol F8. Saat mic dimatikan maka lampu indikator berupa warna jingga di tombol akan menyala. Dengan demikian Anda akan tahu ketika microphone aktif atau tidak.

Harga Laptop HP Spectre x360 Core i7

Dengan kelas premium, fitur lengkap yang di sandangnya, dan performa apik, harga Laptop HP Spectre x360 14 berkisar di 26 juta rupiah.

Kesimpulan

Desain dan penampilan HP Spectre x360 14 memang super mewah dan elegan. Performa prosesornya kencang dan siap gaming, bahkan itu hanya dengan grafis terintegrasinya saja. Apalagi jika di tambah eGPU pasti akan lebih ngebut lagi.

Kapasitas SSD 2TB sangat besar, dan sepertinya juga Anda tidak perlu untuk upgrade RAM karena memang laptop ini kinerjanya cepat.

Layar 13,5 inci ini tidak terlalu besar atau terlalu kecil.  Selain itu layarnya adalah OLED 100% DCI-P3 yang bisa Anda gunakan untuk pembuatan konten yang serius.

Anda juga bisa menggunakannya untuk untuk menggambar karena memiliki layar sentuh. Stylus dan daya tahan baterai nya tergolong bagus.

Dengan layar 3K, 400 nits suhu kerja prosesornya masih berada dalam batas aman.

Untuk konektivitas, Anda mendapatkan Thunderbolt 4 dua port, konektor Type-A di bodi laptop, USB, Wi-Fi AX, dan Bluetooth v5.1.

Fitur keamanan laptop ini cukup komplit dan telah memenuhi sertifikasi EVO. Anda mendapatkan bonus pembelian lengkap dan juga garansi ADP.

Jadi, apabila Anda mencari laptop Convertible 2-in-1 yang lengkap dan dengan spesifikasi tertinggi maka HP Spectre x360 core i7 convertible 14 adalah satu opsi yang terbaik yang tersedia di pasaran. Bahkan beberapa fitur tidak tersaingi oleh produk sekelas lainnya, terutama pada bagian layarnya.

Leave a Comment