Belajar Java Dasar JFrame

Belajar Java Dasar JFrame – Frame adalah jendela utama yang kita gunakan untuk menampilkan komponen yang kita inginkan pada layar, atau dengan kata lain, frame digunakan untuk mendesain model tampilan yang didalamnya dapat kita tempatkan komponen-komponen lainnya.

Untuk membuat user interface pada Java, Anda bisa membuat sebuah frame atau applet untuk menampung komponen-komponen. Seperti sudah Anda ketahui jika frame atau applet adalah container, jadi keduanya bisa menjadi wadah untuk komponen-komponen GUI.

Nampak sederhana bukan? Namun, dibalik kesederhanaanya, bila Anda ingin membuat GUI dengan komponen Swing, yang pertama kali kita harus kuasai adalah penggunaan JFrame.

Dibawah ini adalah deklarasi  javax.swing.JFrame class:
public class JFrame extends Frame implements WindowConstants, Accessible, RootPaneContainer

Contoh 1 :

Walaupun mungkin kode ini terlihat baru, namun jika kita telah mengenal basic dari pemrograman Java, maka akan mudah dimengerti.

Baca Juga:  Menambahkan Komponen Pada JFrame

Output Contoh 1:

Memahami Dasar JFrame Pada Pemrograman Java
JFrame dengan title Selamat Datang Di Pemrograman Java

Sejauh ini, kita telah membuat JFrame yang sederhana. Walaupun sah-sah saja membuat JFrame seperti ini, namun sebenarnya ada beberapa kode lagi yang dapat ditambahakan pada program sebelumnya untuk membuatnya lebih baik lagi.

Alasan ada beberapa kode yang dihilangkan dari program contoh pertama adalah karena kode-kode tersebut bersifat semi-opsional. Namun, juga tentunya ada  alasan lain bila ingin tetap menggunakan kode-kode tersebut.

Contoh 2 :

Output Contoh 2:

Baca Juga:  Belajar Java Dasar Manipulasi JPanel Dengan Mudah

 

Memahami Dasar JFrame Pada Pemrograman Java
Ouput Contoh 2

Karena tidak ada komponen-komponen didalamnya, maka ketika program dijalankan tampilan layar akan kecil sekali.

Contoh lainnya :

Ukuran frame ditentukan dengan method setSize().

Output:

Demikianlah pembahasan mengenai Belajar Java Dasar JFrame. Langkah berikutnya Anda harus mengetahui bagaimana cara menambahkan komponen-komponen GUI pada frame. Semoga ulasan ini bisa menambah pengetahuan anda dan juga bermanfaat, terutama bagi anda yang sedang mempelajari program Java.

Leave a Comment