Trik Mengingat Kode Pemrograman dengan Baik

Trik mengingat kode pemrograman! – Salah satu pertanyaan yang paling umum yang dihadapi ketika belajar di sekolah atau perguruan tinggi ialah “bagaimana cara mengingat apa yang telah dipelajari?” Sama halnya dengan pemrograman, pasti akan bertanya-tanya tentang cara terbaik untuk mengingat kode-kode.

Mempelajari kode pemrograman sama sekali berbeda dengan mempelajari semua rumus matematika, fisika maupun rumus kimia. Untuk mempelajari ketiga ilmu ini, Anda hanya perlu memahami teori lalu mempraktikkannya. Namun tidak dengan pemrograman. Belajar pemrograman membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

trik mengingat kode pemrograman

Tapi Anda tidak perlu pesimis dengan semua kesulitan itu. Dalam artikel kali ini, saya akan berbagi tips sederhana tentang bagaimana cara mempelajari kode-kode pemrograman dengan baik. Berikut ini beberapa trik yang dapat Anda lakukan untuk mengingat kode pemrograman dengan baik:

Perbanyak Mencari Literasi

Referensi untuk belajar apapun memang perlu. Jangan hanya mengambil teori dari satu sumber informasi. Anda harus banyak mengumpulkan rumus kode-kode dari berbagai sumber. Setiap sumber pasti memiliki cara yang berbeda dalam menyampaikan informasi. Begitu juga dengan pemrograman. Kebanyakan setiap orang menemukan cara atau rumus yang berbeda, sesuai eksperimen mereka sendiri.

Cobalah bandingkan masing-masing sumber yang Anda dapatkan. Dengan begitu, coba Anda gali letak perbedaannya dimana. Setelah Anda menemukannya, saya yakin Anda akan memahami dengan baik bagaimana konsep dasar yang Anda pelajari tersebut. Dengan begitu, memori Anda akan lebih lama mengingat konsep kode yang telah Anda pelajari.

Jangan Hanya Membaca/menonton Tutorial Pemrograman

Belajar kode-kode pemrograman tidak cukup hanya dengan membaca rumus-rumus kode atau hanya dengan menonton video tutorial, sekalipun itu dilakukan berulangkali. Hal itu tidak cukup untuk melekatkan informasi Anda di kepala Anda selamanya. Yah, meskipun ada juga yang pada akhirnya melekat juga di ingatan. Akan tetapi ini cara bukanlah yang baik.

Tips dan Trik Mengingat Kode Pemrograman yang Perlu Anda Coba!

Dalam belajar pemrograman, Anda harus menjadi pelajar yang aktif, tidak boleh pasif. Setiap rumus kode yang sudah Anda pelajari, harus Anda aplikasikan ke dalam sebuah lembar kerja di bahasa pemrograman. Lalu Anda harus bereksperimen dengan kode-kode yang telah Anda pelajari tersebut.

Atau bahkan mulailah dengan membuat sebuah projek. Jangan pikirkan mengenai kualitasnya, yang Anda lakukan ialah setidaknya dapat membangun dasar-dasarnya. Cara seperti ini membantu Anda untuk lebih memahami kode tersebut, karena apa yang telah dipahami akan lebih awet untuk diingat.

Gunakan Alat Coding Online

Saat ini telah banyak berkembang alat coding online yang dapat Anda gunakan untuk belajar pemrograman. Alat coding online tersebut dapat memberikan Anda keluwesan dalam berekperimen dengan kode-kode. Ini merupakan cara yang mudah dan tepat untuk mengimplementasikan konsep yang baru saja Anda pelajari. Untuk memastikan Anda dapat mengingat kode-kode tersebut, cobalah ngoding di lain waktu, tanpa melihat sebelumnya.

Berbagi Pengetahuan

Berbagi pengetahuan adalah salah satu cara yang paling ampuh untuk tetap mempertahankannya di memori kita. Orang bijak mengatakan bahwa ilmu yang bermanfaat ialah ilmu yang dapat ia tularkan kepada orang lain. Untuk itu, berbagilah ilmu dengan orang lain.

Jangan berpikir bahwa Anda bukanlah orang ahli, sehingga tidak pantas untuk berbagi pengetahuan. Bagikanlah apa yang Anda bisa, sekalipun itu hanyal sedikit. Karena ketika Anda mengajarkannya kepada orang lain, ketika itu pula Anda juga belajar. Dan cara belajar yang seperti ini akan lebih melekat di ingatan.

Sabar dan Percaya Diri

Untuk mengingat kode-kode butuh kesabaran yang besar. Anda harus sabar dan telaten dalam mempelajari semua kode-kode yang terlihat rumit itu. Jangan terburu-buru untuk cepat bisa menguasainya. Anda harus tetap mempelajarinya secara bertahap, sedikit demi sedikit, poin demi poin.

Selain itu, Anda jangan merasa khawatir dengan kode-kode yang akan Anda hadapi. Yakinlah bahwa Anda dapat menaklukkannya. Anggap saja, semua kode-kode tersebut seperti permainan puzzle yang biasanya Anda mainkan setiap hari. Tetaplah optimis dalam menghadapi setiap kesulitan yang ada.

Kesimpulan

Nah, hanya itu trik yang dapat saya bagikan untuk mengingat kode pemrograman dengan baik. Ketahuilah, pada intinya, kesuksesan belajar pemrograman ditentukan seberapa sering Anda menjumpai dan terbiasa dengan kode-kode. Aturlah jadwal untuk menjumpai kode-kode tersebut setiap hari.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*