Tips Merawat Laptop Praktis Supaya Tahan Lama

Tips merawat laptop praktis! – Sebagian orang orang mungkin akan lebih nyaman dengan memiliki laptop daripada Personal Computer(PC) yang terikat di meja, dalam artian tidak bisa dibawa kemana-mana. Seperti mahasiswa, novelis, ataupun pengusaha dan programmer mengandalkan laptop mereka untuk melakukan pekerjaan. Atau mungkin hobi menyenangkan lainnya seperti mengedit video dan foto, bahkan bermain game.

tips merawat laptop

Kita menyadari bahwa laptop bernilai lebih mahal daripada PC. Itu sebabnya kita sangat menyayang-nyayangkan laptop kita. Dan tentunya kita tidak ingin kan laptop kita cepat rusak? Tentunya kita harus tahu bagaimana cara merawat laptop dengan baik.

Untuk itu, disini akan mengulas tentang bagaimana cara merawat laptop agar awet dan terhindar dari kerusakan. Karena disadari atau tidak, laptop menjadi lebih rentan rusak ketimbang PC.

Tips Mudah Merawat Laptop Agar Awet

Dilihat dari penggunaannya yang fleksibel dan dapat dibawa kemana-mana menjadi alasan mengapa laptop lebih rentan terhadap kerusakan. Berikut ini ialah beberapa cara merawat laptop dengan baik:

Jauhkan dari Benda Cair

Minuman seperti kopi, teh, susu atau lainnya memang menjadi pilihan yang pas untuk menemani kerja Anda. Akan tetapi, hal ini tentunya menjadi hal yang cukup membahayakan bagi laptop kesayangan Anda jika Anda tidak menjauhkan minuman-minuman tersebut dari sisi laptop Anda berada.

Untuk itu, jauhkanlah laptop Anda dari minuman atau benda cari lainnya yang memungkinkan akan tumpah kepada laptop Anda. Ini adalah cara yang cukup bijak untuk dilakukan.

Jauhkan dari Makanan

Selain minuman yang disebut di atas, makanan juga memungkinkan menjadi penyebab rusaknya sebuah laptop. Bagaimana tidak, remah-remah sisa makanan yang Anda makan bisa terjatuh di antara tombol keyboard laptop Anda. Hal ini akan dapat merusak sirkut laptop Anda.

Dan satu hal yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang, remah-remah makanan tersebut dapat mengundang semut untuk menikmatinya. Ada sebagian orang yang mengalami masalah laptopnya rusak karena di bagian dalam laptop menjadi sarang semut. Hati-hati dengan ini.

Apa yang harus Dilakukan untuk Merawat Laptop Anda?

Jaga Kebersihan Laptop

Ketika Anda akan menggunakan laptop, usahakan tangan Anda dalam keadaan bersih. Tangan yang berminyak akibat bekas memegang makanan akan membuatnya sulit untuk menggunakan touchpad laptop Anda. Selain itu, hal tersebut juga akan ada risiko meninggalkan kotoran dan noda lain di laptop Anda.

Peganglah Laptop pada Bagian Dasarnya

Ketika Anda memegang laptop, peganglah pada bagian pangkalannya, yaitu bagian yang terdapat keyboard. Jangan membawa atau mengangkat laptop dengan memegang bagian monitornya. Karena hal itu dapat merusak engsel yang ada di antara monitor dan bagian pangkalan laptop.

Letakkan Laptop di Tempat yang Aman

Meletakkan laptop di tempat yang berair dan berpasir merupakan bukan cara yang tepat. Boleh saja jika Anda ingin mengerjakan tugas dengan sambil bersantai di pantai. Akan tetapi hal itu menjadi resiko bagi rusaknya laptop Anda. Jika Anda ingin menggunakannya di pantai, maka carilah tempat yang aman bagi laptop Anda.

Dan juga sebaiknya jangan meletakkan laptop di dekat peralatan yang menghasilkan medan magnet yang kuat, seperti televisi, soundsystem berukuran besar, dan juga kulkas berteknologi tinggi. Dan juga usahakan untuk tidak meletakkan ponsel Anda di atas laptop Anda saat keduanya aktif.

Pasang dan Selalu Perbaharui Antivirus

Antivirus adalah perawatan terbaik untuk melindungi software pada laptop Anda dari virus. Selain merusak software, virus juga dapat memperlambat operasi dan kinerja sistem laptop Anda.

Kerusakan software yang fatal juga dapat berakibat buruk terhadap hardware, terutama pada hardisk. Oleh karena itu, gunakan antivirus terbaik menurut Anda. Karena antivirus yang Anda unduh di internet juga bisa mengandung virus. Jadi, berhati-hatilah untuk mendapatkan antivirus.

Pilihlah Tas Laptop yang Tepat

Hal terakhir dalam pilihan tips ini ialah memilih tas laptop yang tepat, baik dari segi ukuran maupun kualitas. Jadi pilihlah tas yang sesuai dengan ukuran laptop Anda (tidak terlalu besar juga tidak terlalu kecil). Juga pilihlah tas yang bertekstur lembut guna menjaga permukaan laptop Anda. Bahkan ada banyak hal yang harus Anda hindari untuk menjaga laptop Anda dari kerusakan.

Tips merawat laptop yang disebutkan di atas hanyalah bagian dasar yang harus Anda perhatikan. Bila Anda punya tambahan atau pengalaman terkait yang serupa dengan masalah di atas silakan berbagi di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*