Tips Belajar Pemrograman Komputer Tanpa Pusing dan Stres

Tips Belajar Pemrograman Komputer Tanpa Pusing dan Stres!-Memang dapat dikatakan bahwa pemrograman komputer merupakan pekerjaan yang luar biasa. Itu sebabnya sekarang semakin banyak orang yang berusaha keras untuk mempelajari tentang cara membuat kode.

Jika Anda berminat untuk mempelajari pemrograman, baik untuk karier atau hanya dijadikan sebagai hobi, maka Anda harus siap dengan segala resikonya.Sebelum memulai langkah untuk belajar pemrograman komputer, kita harus mengakui bahwa belajar pemrograman itu sulit, dan memang butuh waktu.

Berhadapan dengan kode-kode dan algoritma? Itu tidak menutup kemungkinan bahwa ini akan menjadikan kita sedikit geram dan menjambak rambut kita sendiri. Ya, mungkin itu sedikit berlebihan, apalagi ketika kamu menemukan kode error tapi sulit untuk memperbaikinya.

tips belajar pemrograman

Saya mengatakan ini bukanlah hal yang terlalu dibesar-besarkan, akan tetapi ini adalah fakta. Sebagian besar programmer berpengalaman pasti mengalami kesulitan itu pada awalnya. Apalagi bagi mereka yang mulai mempelajarinya.

Tapi jangan katakan gara-gara ini Anda merasa memilih jurusan yang salah. Namun meskipun sulit, itu bukan berarti Anda bisa tidak menikmatinya. Dan untuk kali ini, saya akan membagikan sedikit tips belajar pemrograman komputer tanpa harus berhadapan dengan rasa stres.

Dan inilah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghindari atau setidaknya mengurangi rasa stres ketika belajar pemrograman komputer yang bisa Anda aplikasikan mulai saat ini.

Kuatkan Mental dan Fokus

Seperti yang saya katakan di atas, pemrograman itu tidak mudah, dan hal tersebut diakui oleh hampir semua programmer. Jangankan ketika orang yang masih belajar, bagi programmer yang sudah hebat dan andal sekalipun terkadang masih mengalami kebingungan ketika mendapati kesalahan pada kode-kode yang diketikkan.

Oleh karena itu, hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menghindari stres dalam belajar pemrograman, Anda harus benar-benar menguatkan mental. Dan Anda tidak perlu khawatir, ketika mental Anda benar-benar kuat dan tidak menyerah terhadap kesulitan, Anda akan mendapatkan kepuasan belajar yang luar biasa nantinya.

Entah sudah berapa banyak bahasa pemrograman di luar sana saat ini. Baik yang sudah mapan atau yang masih dalam proses pengembangan. Fokus dalam satu bahasa dulu akan lebih baik karena biasanya kalau dasarnya sudah bagus maka belajar bahasa pemrograman lain akan lebih mudah.

Misalnya ketika kamu belajar Java, kamu sudah dikatakan mahir, dan kamu ingin mencoba membuatĀ  game dengan menggunakan Unity dibandingkan dengan menggunakan libGDX. Seperti kita tahu Unity menggunakan C# sebagai salah satu bahasa pemrogramannya. Dan ini hampir mirip dengan Java, sama-sama pemrograman berorientasi objek dan memiliki syntax serupa. Jadi kamu akan lebih mudah mempelajarinya.

Perbaiki Pola Pikir

Sadarilah bahwa setiap programmer akan mengalami kesulitan di awal. Anda bukanlah satu-satunya orang yang mengalami kesulitan dalam belajar pemrograman atau programming. Setiap proses membutuhkan waktu.

Dan untuk pemrograman memang membutuhkan waktu yang panjang dalam mempelajarinya. Banyak orang mengatakan bahwa untuk ahli di suatu bidang maka membutuhkan waktu setidaknya 10 tahun. Ya, memang lama, tapi kalau untuk pemrograman sepertinya hal ini masuk akal.
Jadi, jangan pernah merasa berkecil hati dengan kesulitan koding yang dihadapi. Yakinkan diri Anda bahwa Anda pasti mampu menguasainya materi-materi pemrograman sekalipun membutuhkan waktu yang lama.

Cara Mudah Belajar Pemrograman Komputer

Berikut ini adalah beberapa cara mudah belajar program komputer yang bisa kamu terapkan dalam proses pembelajaran mulai hari ini.

Pelajari Tahap Demi Tahap

Seperti bahasa lisan, bahasa pemrograman adalah topik pembelajaran yang luas, dan ini harus dipelajari dari bawah ke atas. Mulailah dari dasar-dasarnya terlebih dahulu. Unit paling dasar dari bahasa apa pun dimulai dengan huruf, lalu kata-kata, lalu kalimat. Untuk pemrograman komputer, Anda harus mulai dengan kata kunci, sintaksis, dan alur program secara keseluruhan.

Jangan memikirkan tentang materi lanjutan sebelum Anda menguasai dasar-dasarnya. Ibaratnya Anda langsung mencoba membuat sebuah aplikasi mobile,akan tetapi Anda belum memahami aturan dasar tata bahasa pemrograman. Pasti Anda akan menemukan kesulitan dengan pemahaman apa yang sebenarnya kode-kode itu lakukan.

Dengan kata lain, Anda tidak perlu terburu-buru. Fokus saja kepada satu topik dalam satu waktu sebelum pindah ke yang berikutnya. Dengan membatasi ruang lingkup studi Anda seperti ini, Anda dapat menjaga diri dari kewalahan. Jadi pelajari semuanya dengan santai.

Carilah Referensi Sebanyak-banyaknya

Dalam pemrograman komputer, satu penjelasan seringkali tidak cukup untuk benar-benar dapat memahami topik tertentu. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk mencari referensi sebanyak mungkin, baik dalam hal dokumentasi, tutorial, video, ceramah, dll.

Setiap referensi akan membantu Anda untuk mendapatkan wawasan tambahan. Seperti ketika Anda belajar program Java misalnya, carilah contoh-contoh dan aplikasikan contoh-contoh itu pada project-project kecil dan sederhana lebih dulu. Modifikasi contoh-contoh program tersebut agar bekerja seperti yang kamu mau karena kamu adalah programmer.

Oh ya, banyak tempat belajar komputer online yang bagus dan buku-buku pemrograman itu berbahasa Inggris. Jadi, belajar bahasa Inggris juga bisa mendukung kamu dalam mempelajari pemrograman. Setiap bahasa pemrograman mungkin terus berkembang, selalu ada yang baru, dan peningkatan-peningkatan yang dilakukan.

Banyak Bermain-main

Yang dimaksud bermain-main di sini ialah Anda harus banyak berekperimen dengan kode-kode. Jangan pernah takut untuk melakukan kesalahan. Dari kesalahan, Anda akan berusaha menemukan solusinya. Pemrograman komputer bukanlah sesuatu yang bisa dipelajari secara pasif dengan menjiplak dari sebuah teori, Anda juga harus belajar dengan otodidak.

Bagaimanapun juga, Anda harus membuat tangan Anda kotor. Untuk awal mencoba-coba, kemungkinan besar Anda akan menemukan kesalahan. Lalu pelajari cara memperbaikinya atau mengatasinya. Berlatihlah membangun pengalaman dari kealahan, karena pengalaman akan membangun kepercayaan, dan kepercayaan diri membuat Anda tidak merasa kewalahan atau tertekan.

Biasanya mempelajari sesuatu yang kita sukai akan membuat lebih bersemangat. Misalnya Anda suka main game. Jadi kenapa tidak belajar pemrograman untuk membuat game? Seperti kita ketahui aplikasi game android misalnya saat ini sangat tinggi peminatnya.

Kesimpulan

Kesimpulannya, pemrograman memang bukanlah hal yang mudah untuk dipelajari. Akan tetapi Anda dapat dapat melakukan hal-hal yang saya sebut di atas untuk menghindari rasa stres ketika belajar pemrograman komputer.

Apakah Anda punya tips tersendiri yang bisa membantu Anda ketika belajar pemrograman? Silakan berbagi di kolom komentar. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda. Tetap optimis dan teruslah berkarya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*