Siklus Thread Pada Java: Pembuatan, Proses, dan Penghentian

Hallo Gan, kali ini admin mau sedikit menjelaskan mengenai bagaimana memahami siklus thread pada Java, atau dengan kata lain bagaimana thread itu dibuat, bagaimana prosesnya, dan bagaimana menghentikannya dalam program. Semuanya itu bisa dilakukan dalam beberapa keadaan, oleh sebab itu kita juga bisa mendiskripsikannya sebagai siklus thread.

Seperti sudah diketahui sebelumnya, bahwa thread itu bisa diartikan sebagai bagian individual dari program yang juga bisa berjalan bersamaan (concurrently). Suatu program bisa saja terdiri dari beberapa thread yang membuat proses yang dilakukan program itu menjadi lebih optimal dan dengan coding yang lebih efisien.

Konsep Thread Pada Java

Dalam program, thread bisa dikatakan sebagai proses yang “ringan” dan gabungan thread bisa dikombinasikan dan membentuk program. Dalam konsep thread ini, ada beberapa states atau keadaan dari mulai thread tersebut dibuat sampai dengan thread tersebut dihentikan.

1. Membuat Objek Thread

Sementara itu, dalam Java sendiri, Thread adalah suatu class. Bicara tentang class pada Java, maka tentu Thread ini bisa dibuat objeknya dengan keyword new dan class itu sendiri juga bisa terdiri dari method, constructor, dan variabel. Jadi, untuk bisa mengakses method dalam class tersebut maka objek thread harus di buat.

2. Runnable

Setelah objek thread dibuat maka keadaan selanjutnya menuju ke Runnable. Pernyataan runnable itu sendiri bisa diartikan sebagai “siap dijalankan”. Ketika suatu thread siap dieksekusi untuk menjalankan tugasnya maka thread itu berada dalam keadaan runnable.

3. Thread Dijalankan (Running)

Bila kemudian thread tersebut dialokasikan pada prosessor maka thread akan dijalankan (running). Bila ada interupsi yang terjadi saat running, misalnya seperti pada input, output, dan sebagainya maka thread ini akan berpindah ke keadaan waiting atau blocked, dan dalam keadaan ini prosesor bisa melakukan hal lainnyaSetelah interupsi itu selesai maka thread bisa kembali ke keadaan runnable jika prosessor masih sibuk atau running kembali ketika prosessor tersedia.

4. Stop Thread

Bila tidak ada interupsi yang terjadi dan setelah proses seluruhnya telah selesai maka thread akan menuju ke keadaan dihentikan atau stop atau terminasi.

siklus-thread-pada-java
Proses thread pada program Java

Method Pada Class Thread

Class Thread memiliki beberapa method dan method-method tersebut bisa mengubah keadaan atau state dari thread tersebut.

Method Thread bekerja dengan cara di bawah ini:

  • Thread t = new Thread();//Membuat objek thread
  • t.start(); //thread akan selalu memulai proses dari method start(). Setelah method ini dipanggil maka thread akan menuju ke keadaan runnable atau siap dijalankan.
  • Secara otomatis dan implisit ketika method start() dipanggil maka suatu perintah lain akan dieksekusi dan itu adalah method run: t.run();. Setelah ini maka thread akan dijalankan / running.
  • Ketika method sleep atau wait dipanggil dengan t.sleep(); atau t.wait();, maka thread akan menuju keadaan waiting atau blocked.
  • Kemudian setelah suatu interval waktu terlewati, jadi di sini Anda memasukkan waktu dalam satuan milidetik sebagai parameter method. Misalnya Anda menentukan berapa milidetik suatu thread akan berada dalam keadaan waiting, misal t.wait(1000);. Setelah interval waktu itu terpenuhi maka thread akan kembali running untuk menjalankan tugasnya.
  • Setelah thread menyelesaikan semua tugasnya, maka thread akan dihentikan, t.stop();.

Pada tahapan diatas, method start, run, sleep, wait, dan stop adalah beberapa method-method yang ada pada class Thread. Meskipun demikian, masih ada beberapa method lainnya yang akan di bahas di tulisan selanjutnya. Thread pada Java kadang agak sulit dipahami, jadi sebaiknya Anda mengetahui dengan baik terlebih dahulu mengenai dasar dari konsep siklus thread itu sendiri.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*