Perhatikan Hal Ini Ketika Membeli Komputer Rakitan!

Di era teknologi sekarang ini sangat mudah untuk menemukan komputer, baik berupa PC, laptop, tablet dan lainnya. Akan tetapi, beda halnya jika Anda memilih untuk membeli komputer rakitan. Selain untuk menghemat biaya, Anda juga akan mendapat kendali lebih besar untuk memilih komponennya sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Memilih komponen komputer memang harus berhati-hati, selain karena budget yang akan Anda keluarkan, juga mengenai kualitas komputer Anda nantinya.

Bagian-bagian Yang Harus Di Pertimbangkan Pada Komputer Rakitan

Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan ketika membeli komputer rakitan:

Pertimbangkan Prosesor

Untuk sekarang ini, prosesor dirancang sangat kuat. Bahkan dual-core termurah sekalipun akan mampu menangani beban kerja harian dengan mudah. Jadi jangan terlalu fokus pada prosesor kecuali jika Anda memiliki kebutuhan khusus seperti game 3D atau desain grafis atau mungkin untuk pemrograman.

membeli komputer rakitan

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda jangan terlalu banyak menghabiskan dana untuk sebuah prosesor. Anda membeli komputer dan bukan prosesor. Gunakanlah mesin yang seimbang. Dan itu berarti Anda tidak meledakkan 40 persen dari anggaran Anda untuk sebuah prosesor.

Memilih Motherboard yang Berkualitas

Motherboard ini adalah komponen yang akan berada di posisi yang sangat penting di komputer Anda. Setiap komponen terhubung dengannya. Itu artinya, Anda harus ekstra hati-hati saat memilih motherboard. Untuk hal merek itu penting di sini, Anda hanya perlu mengetahui kualitas dari masing pilihan.

Saat ini, hampir semua motherboard menggunakan kapasitor solid state. Akan tetapi, Anda harus tetap memeriksa dan memastikan bahwa motherboard yang Anda beli menggunakan kapasitor solid state di seluruh bagian dan tidak hanya di sekitar soket CPU saja.

Anda juga harus memperikirakan apa yang akan terjadi di masa depan, ketika ada persyaratan, motherboard Anda harus dapat mendukung komponen baru. Jadi beli motherboard yang memiliki banyak port USB, port untuk beberapa hard drive.

Apa Saja Hal Penting dalam Membeli Komputer Rakitan?

RAM yang Banyak Lebih Baik daripada RAM yang Cepat

Kebanyakan orang beranggapan bahwa RAM yang cepat itu pilihan terbaik untuk dipilih. Padahal hal ini tidak benar. Cara yang lebih bijaksana untuk menghabiskan uang adalah untuk memilih RAM yang banyak daripada memilih RAM yang lebih cepat dan lebih mahal. Jadi misalnya, jika Anda harus memilih antara 4GB RAM ekstra cepat dan 8GB RAM normal, sebaiknya Anda beli saja RAM normal 8GB.

Hal yang juga harus Anda perhatikan saat membeli RAM, pastikan Anda membeli kit yang memiliki dua batang RAM. Ini akan memungkinkan Anda untuk meletakkan RAM dalam mode dual-channel. Hal ini akan menghasilkan kinerja yang sedikit lebih baik.

Pilihlah Monitor yang Baik

Ada banyak orang yang berpikir bahwa monitor itu tidak lebih penting dari prosesor. Padahal monitor itu yang paling banyak berinteraksi dengan kita. Kenyamanan saat berinteraksi dengan komputer harus dimaksimalkan. Monitor yang baik ialah yang dapat memberikan kenyamanan secara maksimal terhadap mata kita.

Untuk itu, pilihlah monitar yang berukuran besar, yang dapat menampilkan warna yang akurat dan mendalam. Sayangnya, monitor yang baik sedikit sulit ditemukan dan harganya sedikit lebih mahal. Tidak masalah, karena hal ini sepadan dengan kenyamanan yang akan Anda dapatkan.

Perhatikan Kualitas Daya

Komputer sebenarnya tidak membutuhkan banyak daya seperti yang Anda pikirkan. Bahkan komputer gaming bekerja tinggi tidak membutuhkan daya lebih dari 250-300 watt komputer berjalan dengan kecepatan maksimum.
Jadi, ketika Anda membeli unit catu daya, cari produk berkualitas.

Karena pada kenyataannya, untuk menempuh waktu lama, yang Anda butuhkan adalah kualitas dan bukan kuantitas.

Cek Harga Online

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan sebelum membeli komponen komputer, Anda harus melihat harga online-nya. Hal ini menghindari penyelewengan harga sesuai dengan harga sebenarnya. Kebanyakan penjual yang curang melihat bagaimana pengetahuan pembelinya, jika pembeli dirasa tidak banyak tahu tentang komputer, mereka akan mulai memasang harga tinggi.

Kesimpulan

Jadi, ketika Anda ingin membeli komputer rakitan, jangan terjebak oleh komponen yang nampak eksotis dan memukau. Pilihlah berdasarkan kualitas dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Dengan begitu, Anda tidak akan mengeluarkan dana besar yang sia-sia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*