Pengertian Debugging Dalam Pemrograman Java

Apa itu pengertian debugging? Sebelumnya Anda sudah mengetahui mengenai syntax error dalam pemrograman Java. Sekarang Anda juga tahu kalau kesalahan syntax itu seharusnya mudah ditemukan dan diperbaiki. Karena compiler secara otomatis akan memberi tahu programmer di mana sumber error tersebut dan di apa yang menyebabkannya.

Demikian juga dengan runtime error, karena interpreter Java bisa dengan mudah menampilkannya pada konsol ketika suatu program dibatalkan. Tapi tidak demikian dengan logic error. Error yang satu ini lebih menantang karena program masih bisa berjalan normal tapi memberikan hasil yang tidak diharapkan.

pengertian debugging Java

Logic error ini di sebut dengan bug. Mungkin Anda sering mendengar istilah tersebut.

Sementara itu, proses yang dilakukan untuk menemukan dan memperbaiki error disebut dengan debugging.

Proses debugging dapat dilakukan dengan menggunakan metode sehingga kita bisa mengerti dengan pasti di mana sebenarnya bug itu berada dalam kode program.

Misalnya Anda bisa melacak (trace) atau atau menangkap error. Anda juga dapat meminta persetujuan pencetakan (print) untuk mengetahui lebih jelas tentang alur program dan nilai-nilai variabel.

Namun, proses ini hanya berfungsi efektif untuk program-program Java sederhana atau kecil. Sementara cara debugging untuk program Java skala besar harus menggunakan utilitas debugger.

JDK memiliki command-line debugger, yaitu jdb, yang dipanggil dengan nama class. jdb merupakan suatu program Java yang bisa menjalankan salinan intepreter Java-nya sendiri.

Debugger Utility Pada IDE Java

IDE Java terbaik seperti Netbeans atau Eclipse memiliki debugger utility yang terintegrasi. Debugger itu memungkinkan Anda untuk dapat mengikuti alur proses pemrograman.

Meskipun bisa saja utilitas itu berbeda-beda antara sistem satu dengan yng lainnya, namun tetap memberikan sebagian besar fitur yang bermanfaat, seperti di bawah ini.

  • Debugger bisa melihat apa yang terjadi dari satu pernyataan ketika dieksekusi. Dengan kata lain bisa menjalankan satu pernyataan dalam satu waktu.
  • Debugger bisa menelusuri atau melangkahi suatu method. Artinya, programmer bisa meminta debugger untuk masuk dalam suatu method dan mengeksekusi satu pernyataan dalam satu waktu di dalam method tersebut. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memerintahkan untuk melangkahi seluruh method tersebut. Karena Anda sudah yakin bahwa method tersebut sudah berfungsi secara semestinya.
  • Anda bisa mengatur break points. Artinya Anda bisa mengatur di mana program Anda akan berhenti ketika mencapai break points tertentu. Apa keuntungannya? Tentu saja, Anda bisa mengetahui kapan error pemrograman dari suatu kode di mulai. Tidak ada batasan dalam break points artinya Anda bisa membuat sesuai keinginan Anda.
  • Anda bisa mengetahui nilai dari dari beberapa variabel dalam suatu program. Di mana nilai variabel itu selalu diperbaharui sesuai dengan jalannya program.
  • Bisa mengetahui alur pemrograman karena debugger bisa menampilkan dan menelusuri stack panggilan dari method.
  • Beberapa debugger memungkinkan Anda untuk mengubah nilai variabel ketika debugging. Tentu saja iniĀ  bisa menjadi cara yang nyaman di mana Anda bisa menguji suatu program dengan nilai variabel berbeda secara langsung tanpa meninggalkan debugger.

Nah, dengan demikian debugger juga bisa membantu Anda untuk belajar Java secara efektif. Semoga artikel ini bisa membantu menambah pengetahuan Anda ketika mempelajari pemrograman.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*