Mengatasi Laptop Terlalu Panas dengan Cara Praktis

Mengatasi Laptop Terlalu Panas dengan Cara Praktis!– Kita sering lupa waktu ketika kita sedang bekerja berjam-jam dengan laptop baik untuk mengerjakan tugas seperti pemrograman, menonton video maupun bermain game. Hal yang sering kita hadapi ialah laptop terasa sangat panas atau sering disebut dengan overheat.

mengatasi laptop terlalu panas

Overheating ini memang hal yang biasa terjadi dengan laptop yang digunakan berjam-jam. Akan tetapi, akan menjadi tidak baik jika tetap dibiarkan dengan keadaan panas seperti itu. Itu akan berdampak buruk terhadap prosesornya.

Tapi Anda tidak perlu bingung untuk mengatasi hal itu. Dalam artikel ini akan diulas sedikit tentang cara mengatasi laptop yangterlalu panas (overheat). Berikut ini beberapa cara praktis yang dapat Anda lakukan ketika laptop Anda terasa panas:

Aktifkan Power Saving Mode

Cara pertama yang paling simpel untuk dilakukan ialah dengan cara mengaktifkan power saving mode. Anda dapat melakukan cara ini dengan Anda sedang menggunakan laptop Anda. Power saving mode ini membantu untuk membatasi performa CPU sehingga dapat mencegah laptop terasa cepat panas.

Hindarkan Laptop dari Terik Matahari

Cuaca panas dan terik matahari baik secara langsung maupun tidak sangat berpengaruh terhadap suhu laptop Anda. Suhu laptop yag terlalu panas dapat merusak baterai dan prosesor, bahkan bisa menyebar ke hardware lainnya. Untuk itu, hindarkan laptop Anda dengan terik matahari.

Jaga Suhu Ruangan agar Tetap Dingin

Jika Anda menggunakan laptop di dalam ruangan, usahakan suhu ruangan tetap dingin. Jika ruangan yang Anda gunakan terdapat AC, maka nyalakan AC ketika Anda menggunakan laptop. Karena suhu rungan yang dingin akan menetralisir panasnya suhu laptop. Hal ini dapat meminimalisir laptop terasa cepat panas.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Laptop Overheat?

 

Gunakan Cooling Pad

Alas pendingin laptop atau cooling pad adalah cara yang paling ampuh untuk mengatasi laptop yang terasa cepat panas. Cooling pad ini dapat memberikan cara terbaik untuk mendinginkan laptop Anda. Untuk cara ini mungkin Anda perlu mengeluarkan sedikit biaya daripada cara lainnya.

Beri Ruang Antara Laptop dan Meja

Salah satu faktor yang menyebabkan laptop terasa cepat panas biasanya karena sirkulasi udara yang tidak cukup baik. Untuk mengatasi hal ini, cobalah angkat laptop Anda. Berikan penyangga di bawah bantalan laptop Anda agar posisi laptop sedikit lebih tinggi dari permukaan meja. Dengan begitu, Anda terdapat ruang antara laptop dan meja. Ruang tersebut yang menjadi jalan stabilnya sirkulasi udara di bawah laptop.

Jaga Kebersihan Ventilasi Udara pada Laptop

Membersihkan ventilasi laptop dari debu merupakan cara mudah untuk dilakukan namun sangat penting. Ventilasi ini merupakan jalan pertukaran antara udara luar dengan panas yang dihasilkan oleh laptop. Dengan kata lain, ventilasi ini berfingsi untuk menjaga suhu laptop tetap stabil. Jika ventilasi terhambat dengan kotoran, maka udara dan panas dari dalam laptop tidak akan berjalan sempurna.

Matikan Laptop Sesekali atau Lepas Baterai

Ketika Anda menggunakan laptop terus-menerus selama berjam-jam, sebaiknya matikan laptop minimal 10 menit dalam interval waktu sekitar 2 jam. Jika waktu tidak memungkinkan Anda untuk melakukan ini, Anda bisa melepas baterai pada laptop Anda. Dengan begitu, laptop Anda tidak akan melakukan charging.

Jangan Menyimpan Laptop dalam Keadaan Sleep Mode di Ruang Tertutup

Ketika laptop Anda dalam keadaan Sleep Mode, jangan menyimpan laptop Anda di ruang sempit dan tertutup seperti laci atau tas. Sleep Mode merupakan kodisi dimana laptop berada pada keadaan power yang minim, jadi bukan dalam power off. Kondisi ini berarti laptop masih dalam keadaan bekerja.

Dengan keadaan laptop yang masih bekerja, itu artinya laptop tersebut masih akan menghasilkan panas. Dengan berada berada di ruang sempit dan tertutup, panas yang dihasilkan laptop akan terikat, sehingga akan menjadi cepat panas. Jika Anda tidak ingin mematikan laptop dan ingin menyimpan di dalam tas, sebaiknya gunakan saja Hibernate Mode.

Menjaga Proses Intensif CPU

Terakhir, Anda dapat menjaga komputer tetap dingin dengan menjaga proses intensif CPU seminimal mungkin. Semakin minim program yang Anda jalankan, maka kinerja laptop semakin ringan. Ini juga membantu laptop agar tidak cepat panas.

Demikian beberapa cara praktis untuk mengatasi laptop terlalu panas. Ambillah beberapa tips yang Anda suka dan Anda mampu lakukan. Jika cara di atas juga masih tidak mempan, sebaiknya cek kondisi kipas laptop Anda kepada ahlinya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*