Membuat Stopwatch Sederhana Dengan Java

Halo guys, kali ini kita akan mencoba membuat stopwatch sederhana dengan program Java. Jadi gimana ya rancangannya?. Setelah dipikir-pikir tidak sulit juga karena hanya memerlukan frame, label, dan beberapa tombol. Memang sih ini bukan stopwatch terkeren yang bakal Anda buat dengan kode program ini, tapi minimal Anda akan mengerti bagaimana kode program bekerja, dan ini memang yang paling penting.

Silakan ikuti langkah-langkah berikut.

1. Buat Frame

Oke deh, pertama-tama kita buat frame-nya sebagai wadah dari komponen. Buat class terlebih dahulu, di sini kita beri nama class tersebut MyStopwatch. Kemudian kita buat konstruktor dan buat frame. Jangan lupa juga main method untuk mengekesekusi program, seperti di bawah ini.

Coba di jalankan programnya.

Output:

frame stopwatch

Jadinya kecil sekali ya, karena memang belum ada komponennya. Pada kode di atas myFrame.pack() akan membuat ukuran frame menyesuaikan dengan komponen yang ada di dalamnya nantinya.

2. Buat panel

Sebenarnya komponen seperti label, textbox, tombol, dan sebagainya bisa diletakkan langsung pada frame. Namun penggunaan panel akan membuat Anda lebih mudah mengatur posisi komponen-komponen tersebut dengan menggunakan layout manager nantinya.

Ok, kita buat panel, dan kita beri warna merah. Warna ini hanyalah menandakan kalau panel itu ada di frame, untuk pemahaman Anda saja.

Pada kode di atas perhatikan myFrame.getContentPane().add(myPanel); di sini Anda menambahkan panel tersebut ke frame. Dan nantinya komponen-komponen lainnya akan diletakkan di panel. Cukup sederhana bukan?

Output:

frame stopwatch dengan panel berwarna merah

Anda bisa melihat ada panel berwana merah dalam frame tersebut.

3. Meletakkan komponen dan mengatur posisinya dengan layout manager

Ok, selanjutnya Anda bisa meletakkan komponen pada panel tersebut. Di sini kita akan menggunaan GridBagLayout untuk meletakkan komponen-komponen seperti label, tombol, dan textbox. Seperti pada kode di bawah ini.

Output:

membuat stopwatch program java dengan panel berwarna merah

Nah, mulai tampak jelas bukan bagaimana komponen diletakkan pada panel, dan panel ada pada frame.

4. Event handling

Sekarang Anda sudah membuat interface untuk user, tapi ada yang kurang. Ketika tombol itu di klik, tidak ada respon apa-apa. Jadi Anda harus menambahkan event method dan listener yang terkait pada aplikasi Anda.

Untuk komponen swing seperti tombol, label, dan text field yang digunakan di sini maka method event yaitu actionPerformed ditambahkan menggunakan actionListener. Jadi, kalau nama komponen itu tombolStart, maka method itu ditambahkan dengan :

Itu kelihatannya rumit ya? Padahal sih tidak. Cuma memang kodenya agak panjang saja. Method itu punya argumen tunggal yaitu ActionEvent e.

Ini memberi tahu Anda event tertentu apa yang terjadi di mana setiap kontrol dapat merespon pada beberapa event. Untuk memudahkan, pada stopwatch ini even yang terjadi misalnya adalah even klik pada tombol-tombol tersebut.

Ketika Anda menambahkan listener maka Anda juga perlu menambahkan kode untuk method event.

Anda bisa saja memasukan kode pada sama yang sama ketika menambahkan Listener, tapi sekarang kita coba cara yang berbeda. Kita akan membuat baris kode tunggal yang akan memanggil method external. Tujuannya adalah agar kode terlihat lebih jelas dan mudah dipahami.

Misalnya ketika user menekan tombol start:

Maka akan memanggil method:

Berikut ini adalah kode lengkap untuk stopwatch sederhana ini:

Contoh output:

contoh stopwatch Java Swing

 

Nah demikianlah cara membuat stopwatch sederhana dengan GUI Java Swing. Dengan contoh simple ini Anda sudah tahu cara menambahkan komponen, mengatur layout, event handling. Sekarang cobalah tambahkan satu tombol lagi, yaitu tombol Reset yang akan mengembalikan Stopwatch ke kondisi awal. Atau Anda juga bisa mempelajari tentang JOptionPane dan menamhbahkan kotak dialog untuk mengkonfirmasi ketika user menekan tombol exit.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*