Belajar Java Basic Tipe Data Float Dan Double

Belajar Java Basic Tipe Data Float Dan Double

Belajar Java Basic Tipe Data Float Dan Double – Variabel dengan tipe float merepresentasikan presisi single angka desimal dan memiliki 7 digit yang signifikan.

Sedangkan variabel dengan tipe double merepresentasikan presisi double angka desimal, sehingga tipe double membutuhkan memor dua kali lebih besar dibandingkan dengan tipe float, dan menyediakan 15 digit yang signfikan, sehingga memiliki presisi dua kali lipat dari variabel float.

Untuk range variabel yang digunakan oleh kebanyakan program, variabel dengan tipe float seharusnya cukup, namun kita dapat menggunakan tipe double untuk ‘bermain aman’.

Dalam beberapa aplikasi, bahkan variabel dengan tipe double dapat menjadi tidak memadai. Kebanyakan progammer merepresentasikan angka desimal dengan tipe double.

Faktanya, Java mengatasi angka desimal yang kita masukkan kedalam kode program seperti 8.74 dan 0.0354 sebagai double secara default.

float dan double Java
Walaupun angka desimal tidak selalu 100% akurat, namun banyak sekali pengaplikasian menggunakan tipe angka ini.
Contohnya untuk mengukur suhu badan, yaitu 36.8 derajat Celcius, kita tidak perlu menggunakan banyak digit desimal, karena mungkin secara aktual temperatur badan tersebut adalah 36.7996743353 derajat Celcius.
Menggunakan nilai 36.8 tidak akan berpengaruh untuk kebanyakan aplikasi yang berhubungan dengan angka suhu badan.
Namun karena sebab ketelitian, tipe double lebih dipilih dibandingkan dengan tipe float, karena variabel double dapat merepresentasikan angka desimal secara lebih akurat.
Angka desimal juga bisa terjadi karena hasil pembagian. Ketika kita membagi 1 dengan 3 maka nilainya adalah 0.3333333……., dengan perulangan desimal 3 tidak terbatas. Komputer sudah menetapkan memori untuk meyimpan sebuah nilai, jadi jelas sudah bahwa nilai desimal yang disimpan tersebut hanya berupa suatu perkiraan.
Contoh coding Java :
class Nasabah

class DemoNasabah

Output:

Demikianlah pembahasan tentang Belajar Java Basic Tipe Data Float Dan Double, anda juga bisa membaca mengenai berbagai macam tipe data pada Java agar lebih memahaminya.

Leave a Comment