Melemparkan Kembali Exception (Rethrow Exception)

Pada program Java mengizinkan exception handler untuk melemparkan kembali (rethrow) exception bila handler tidak bisa memprosesnya atau hanya sekedar untuk memberi tahu handler mengenai exception tersebut.

Exception dapat dilemparkan kembali dari blok catch dan ini akan menyebabkan exception tersebut di-pass-kan pada method pemanggilnya. Bila pelemparan kembali exception itu berada pada main method maka exception akan di-pass-kan pada Java Virtual Machine (JVM) dan kemudian ditampilkan pada konsol.

 

melemparkan kembali rethrow exception

Tujuan dari operasi pelemparan kembali exception ini adalah untuk mendapatkan perhatian bahwa exception  telah terjadi dan pada waktu yang bersamaan melakukan logika kontingensi seperti logging di dalam blok catch.

Syntax untuk melemparkan kembali exception adalah sebagai berikut:

Perhatikan pernyataan throw ex pada syntax di atas. Pernyataan itu akan melemparkan kembali exception pada caller sehingga handler yang lain bisa memperoleh kesempatan untuk memproses exception ex tersebut.

Berikut ini adalah contoh kode program Java untuk memahami rethrow exception.

Output:

Pada kode di line 15 di atas terdapat pernyataan throw e pada blok catch yang artinya blok catch itu akan melemparkan kembali exception dari method pembagian().

Selanjutnya exception yang terlempar itu akan di-pass-kan pada blok catch dengan pernyataan catch(ArithmeticException e) pada line 25 yang terdapat pada method main().

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*