Langkah Penting untuk Menjadi Programmer yang Hebat

Mengingat betapa dunia kini bernafas dengan teknologi yang menakjubkan. Setiap sudut dan ruang kini telah diisi dengan teknologi yang canggih. Programmer adalah salah satu pekerjaan yang berperan penuh untuk kemajuan teknologi. Itu sebabnya, menjadi seorang programmer yang hebat adalah impian dari banyak orang.

programmer java hebat

 

Jika Anda merupakan salah satu dari banayk orang tersebut, maka Anda harus paham bahwa ada banyak hal yang perlu Anda lakukan sebelum Anda terjun ke dalamnya. Nah, dalam artikel kali ini, saya akan membagikan sedikit masukan mengenai langkah penting menjadi programmer yang hebat sesuai harapan Anda. Simaklah langkah-langkah berikut ini!

Pahami Peran Programmer

Sebelum Anda memutuskan untuk menjadi seorang programmer, Anda harus memahami apa peran dari programmer. Karena pemrograman kompter tidak hanya memiliki satu jalur, ada beberapa spesifikasi yang dapat Anda fokuskan.

Pada dasarnya pemrograman komputer dibagi menjadi dua jenis, yaitu pemrograman aplikasi dan pemrograman sistem.

Anda harus pahami betul, jenis pemrograman apa yang ingin Anda tekuni.
Ketika Anda telah mendapatkan jenis pemrograman yang cocok dengan Anda, maka Anda harus menentukan bahasa pemrograman yang cocok dengan jenis pemrograman yang ingin Anda geluti.

Anda tidak harus memilih satu di antara mereka, ingin berapapun jenis pemrograman yang ingin Anda geluti, itu tetap menjadi hak Anda.

Agar lebih memahami apa peran programmer, sebaiknya Anda banyak bergabung dengan grup-grup para programmer di beberapa media sosial. Ketika Anda bergabung dengan mereka, Anda akan banyak mengobrol sekitar programming. Anda bisa saling berbagi pengalaman dan pengetahuan.

Pelajari Keterampilan dengan Tepat

Setelah Anda memahami betul tentang peran dari seorang programmer dan menemukan spesialisasi yang ingin Anda tekuni, maka langkah selanjutnya ialah mempelajari keterampilan sesuai dengan spesialisasi yang ingin Anda pilih. Pelajarilah bahasa pemrograman yang relevan dengan bidang pemrograman yang Anda inginkan.

Kebanyakan programmer memilih spesialis yang berbeda-beda, meskipun juga ada yang menguasai banyak bidang pemrograman. Namun bagi Anda yang baru ingin memulai, sebaiknya memilih fokus yang Anda sukai. Ada banyak pemrograman yang dapat Anda pilih, seperti java, web, Android dan banyak yang lainnya.

Perhatikan Beberapa Langkah Penting Menjadi Programmer!

 

Mengikuti Pelatihan dan Pendidikan

Mencari ilmu merupakan hal yang wajib bagi seorang programmer. Meskipun tidak menempuh pendidikan formal seperti kuliah di jurusan yang berkaitan dengan programming, Anda juga bisa mengikuti beberapa kursus, magang dan semacamnya. Ilmu pemrograman dapat Anda dapatkan dari mana saja.

Walaupun saya pikir, menempuh pendidikan formal di perkuliahan adalah hal yang jauh lebih baik. Dengan menempuh pendidikan formal terkait programming, Anda akan mendapatkan hasil pencapaian yang maksimal. Dengan catatan, Anda tepat dalam memilih jurusan dan benar-benar serius menekuni perkuliahan.

Buat Portofolio

Langkah selanjutnya ialah membuat portofolio. Untuk mendapatkan pekerjaan sebagai programmer, Anda harus mempunyai portofolio. Hal ini untuk meyakinkan orang lain dengan karya yang telah Anda hasilkan. Manager programmer akan menilai keahlian Anda dari portofolio yang Anda buat sebelum merekrutnya.

Hal ini tidak terkecuali bagi Anda yang ingin menjadi programmer dengan membuka usaha sendiri. Meskipun Anda menjadi programmer untuk Anda sendiri, tetap saja, para pelanggan juga membutuhkan bukti dari hasil kerja Anda. Mereka akan menilai komitmen Anda dari portofolio tersebut.

Melamar Pekerjaan atau Memasarkan Produk

Dalam langkah ini, ada dua jalan yang berbeda. Tergantung Anda ingin memilih jalan yang mana sebagai programmer. Anda ingin menjadi programmer yang bergabung di sebuah perusahaan ataukah membuka usaha sendiri (freelancer)?

Jika Anda memilih jalan untuk bergabung dengan sebuah perusahaan, maka Anda harus membuat surat lamaran dan melalui interview.

Ketika Anda mendapat kesempatan untuk melakukan test, maka Anda harus mempersiapkan semuanya dengan matang.

Anda coba untuk latihan wawancara, juga latihan membuat kode-kode yang mungkin saja nanti akan diujikan. Jangan lupa untuk membawa portofolio yang telah Anda buat.

Sedangkan jika Anda memilih jalan sebagai freelancer, maka Anda harus pandai mempromosikan keahlian Anda kepada instansi atau perusahaan. Anda harus pandai meyakinkan pelanggan Anda bahwa Anda dapat diandalkan untuk proyek yang mereka butuhkan.

Akan tetapi, dari semua langkah penting menjadi programmer yang saya sebut di atas tidaklah lebih penting dari selalu mencoba dan terus belajar. Karena waktu terus berjalan membawa teknologi untuk terus berkembang. Untuk menjawab semua itu, Anda harus tetap belajar mencoba hal-hal baru, berinovasi dengan karya-karya Anda.

Leave a Comment