Komputer Generasi Pertama dan Perkembangan Teknologi

Tanpa adanya komputer generasi pertama maka sulit dibayangkan bagaimana kehidupan manusia di saat ini. Ya, mungkin masih ada sebagian masyarakat yang tidak terlibat dengan teknologi.

Tapi, Anda sebagai orang yang hidup di era digital tentu menyadari betapa pentingnya komputer yang keberadaanya bisa ditemukan di mana saja. Bahkan kini ukurannya juga bisa sangat kecil, bisa muat di kantong Anda.

Kembali ke masa lalu, komputer ternyata tidak memiliki ukuran yang bisa dibilang kecil. Apalagi dikatakan portabel. Sejarah tentang komputer ini memang menarik untuk dibahas.

Bagaimana tidak, kita akan berbicara mengenai perkembangan teknologi komputer yang awalnya punya ukuran sebesar ruangan sampai menjadi berukuran kotak korek api saja.

Namun, sebelum kita beranjak melihat perkembangan komputer dari generasi ke generasi dan mengklasifikasikannya, lebih baik kita tahu dulu apa yang sebenarnya dianggap sebagai komputer itu.

Sejak zaman dahulu, sekitar 5000 tahun lalu, bangsa Mesir sudah menggunakan komputer kuno, dengan bentuk seperti sempoa sebagai alat hitung.

Dan sekarang, kita akan membahas mengenai sejarah generasi komputer. Memulainya dengan komputer digital pertama yang luar biasa.

Generasi Komputer Sebagai Indikator Perkembangan Teknologi

Tidak bisa dipungkiri bahwa ada suatu masa di mana belum ada komputer di dunia ini. Maka tidak heran, kalau komputer pertama yang diciptakan ukurannya besar sekali, sebesar seluruh ruangan.

Seiring dengan kemajuan teknologi dan bergulirnya waktu maka bentuk komputer juga berubah. Dari yang tadinya memiliki ukuran super besar menjadi ukuran yang jauh lebih kecil dan ringan. Pengembangan komputer memiliki era yang berbeda.

Dan oleh sebab itu, sejarah komputer bisa terbagi menjadi lima generasi.

Setiap generasi itu akan mencerminkan sentuhan kemajuan teknologi yang signifikan. Komputer generasi pertama berukuran raksasa dan bekerja dengan tabung vakum. Namun, generasi kedua sudah menggunakan transistor.

Lebih maju lagi, generasi ketiga beroperasi menggunakan sirkuit terintegrasi.

Bagaimana dengan generasi keempat? Ya, saat ini sudah menggunakan mikroprosesor.

Tapi apa itu generasi kelima? Wow, generasi termutakhir ini terus dikembangkan untuk bergantung pada penggunaan kecerdasan buatan (Artificial Intelligent).

Komputer Generasi Pertama Dengan Tabung Vakum (1940-1956)

Tahun 1940 – 1956 merupakan periode untuk komputer generasi pertama. Komputer ini menggunakan tabung vakum untuk pengoperasiannya yang berfungsi sebagai sirkuit.

Sedangkan memorinya menggunakan drum-drum magnetik. Jangan tanya mengenai ukurannya, karena memang luar biasa besar.

komputer generasi pertama dengan tabung vakum

Betapa tidak, seluruh ruangan tempat menyimpan komputer itu dipenuhi oleh mesin-mesin jumbo. Tidak hanya itu, komputer ini juga memakan daya listrik yang tinggi dan biaya pemeliharaan yang sangat mahal.

Banyak orang menganggap biaya pemeliharaannya tidak masuk akal. Bahkan kinerjanya sangat terbatas karena mudah panas dan bisa langsung berhenti beroperasi seketika.

Bahasa pemrograman yang digunakan pada komputer ini adalah bahasa mesin. Ini adalah bahasa pemrograman paling dasar. Komputer ini bisa membantu memecahkan masalah matematika pada satu waktu. Namun, tidak jarang juga butuh waktu menyelesaikannya selama berhari-hari atau berminggu-minggu.

Ada suatu fakta yang menarik mengenai perdebatan tentang manakah yang paling layak disebut sebagai komputer pertama. Sebenarnya, rencana dan upaya untuk membuat mesin komputer yang bisa diprogram itu sudah ada sejak awal abad ke-19.

Tapi, pada waktu itu, sekitar perang dunia ke-2, banyak komputer-komputer bermunculan di berbagai negara. Sejak saat itu, banyak klaim-klaim yang menyatakan sebagai komputer pertama sehingga banyak memicu perdebatan di mana-mana.

Bagaimanapun, komputer generasi pertama adalah tonggak penting lahirnya era digital seperti sekarang ini.

Generasi Kedua Menggunakan Transistor (1956 – 1963)

Sejak ditemukannya transistor di Bell Labs tahun 1947 penggunaannya tidak dikenal luas pada komputer. Namun semuanya berubah di akhir tahun 1950. Transistor secara luas menggantikan tabung vakum yang digunakan pada komputer generasi pertama.

komputer dengan transistor

Hebatnya, penggunaan transistor berhasil membuat komputer menjadi lebih cepat, lebih hemat energi, murah, dan juga lebih kecil. Transistor berhasil membuat komputer generasi kedua ini menjadi lebih handal dibandingkan dengan pendahulunya.

Kelemahan transistor adalah bisa meningkatkan suhu sehingga membuat komputer rusak. Namun, tetap saja ini jauh lebih baik daripada menggunakan tabung vakum. Kartu dan printsouts digunakan untuk proses input dan output pada komputer ini.

Peralihan Dari Bahasa Mesin ke Assembly

Dari segi bahasa pemrograman, komputer generasi kedua telah bermigrasi menggunakan bahasa assembly. Di mana generasi pertama masih menggunakan bahasa mesin. Dengan bahasa assembly, programmer dapat memberikan instruksi pada komputer dalam bentuk kata-kata.

Pada waktu itu, bahasa pemrograman tingkat tinggi juga sedang gencar dikembangkan. Diantaranya adalah FORTRAN dan COBOL.

Kemajuan lain dari komputer ini adalah kemampuannya dalam menyimpan instruksi program. Di mana komputer tersebut telah menggunakan memori dengan teknologi magnetic core. Sedangkan komputer generasi pertama menggunakan magnetic drum.

Komputer pertama dari generasi kedua ini digunakan untuk membantu perkembangan industri atom.

Generasi Ketiga Menggunakan Sirkuit Terintegrasi (1964 – 1971)

Kemajuan teknologi semakin terasa setelah komputer generasi ketiga menggunakan sirkuit terintegrasi (IC). Di mana IC itu sendiri sebenarnya adalah perangkat semikonduktor berukuran kecil yang terbuat dari bahan semikonduktor.

IC pertama berhasil dikembangkan  pada tahun 1950 oleh Jack Kilby dari Texas Instruments dan Robert Noyce dari Fairchild Semiconductor.

komputer dengan sirkuit terintegrasi

Penggunaannya berhasil meningkatkan efisensi dan kecepatan komputer menjadi berkali-kali lipat. Sementara itu kartu dan hasil cetak sudah tidak digunakan lagi. Penggunaan komputer generasi ketiga sudah melalui keyboard dan monitor yang mempu berinteraksi dengan sistem operasi.

Mampu Menjalankan Berbagai Aplikasi Berbeda Sekaligus

Jadi perangkat ini juga sudah mampu menjalankan banyak aplikasi berbeda dalam satu waktu dengan menggunakan program sentral yang bisa memantau memori.

Tidak hanya itu, komputer ini juga telah bisa diakses oleh publik karena dimensinya yang lebih kecil dan juga harganya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan dua generasi sebelumnya.

Generasi Keempat Menggunakan Mikroprosesor (1971-sekarang)

Komputer generasi keempat dengan mikroprosesor adalah keajaiban. Bagaimana tidak, di generasi ini ukuran komputer menjadi sangat kecil, bahkan bisa muat di telapak tangan.

Hal ini tidak lepas dari keberhasilan kemajuan teknologi yang mampu menjadikan ribuan sirkuit terintegrasi dibangun dalam satu chip silikon saja.

Pada tahun 1971, chip Intel 4004 dikembangkan dan berhasil menempatkan semua komponen komputer pada satu chip tunggal. Ini meliputi pusat pemrosesan data, memori, sampai dengan kendali pada input ataupun outputnya.

Komputer Rumahan

Selanjutnya komputer rumahan mulai diperkenalkan oleh IBM pada tahun 1981. Tiga tahun kemudian Apple juga memperkenalkan perangkatnya, yaitu Macintosh. Penggunaan mikroprosesor terus meluas, tidak hanya untuk area komputer saja.

Tetapi juga mulai banyak digunakan untuk berbagai produk elektronik sehari-hari dan penggunaannya terus bertambah.

komputer generasi keempat modern

Dengan kemajuan komputer yang cepat maka komputer kecil itu bisa terhubung satu sama lain menggunakan jaringan. Selanjutnya jaringan-jaringan komputer tersebut menjadi awal dari lahirnya internet yang terus berkembang sampai saat ini.

Tidak hanya itu, pada komputer generasi keempat juga mulai dikenal penggunaan mouse, perkembangan GUI, dan juga perangkat ganggam. Sampai saat ini banyak komputer menggunakan mikroprosesor (CPU).

Generasi Kelima: Kecerdasan Buatan (Saat ini – masa depan)

Generasi kelima dari komputer adalah berdasarkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligent). Komputer ini masih dalam tahap pengembangan. Meskipun demikian sudah terdapat beberapa aplikasi yang sudah digunakan seperti pengenalan suara yang mungkin telah Anda ketahui.

Pemrosesan paralel dan superkonduktor membuat teknologi ini menjadi mungkin diterapkan. Kecerdasan buatan menjadi sebuah teknologi yang nyata.

Di masa depan, teknologi seperti nanoteknologi, komputasi kuantum dan molekuler bisa mengubah komputer yang Anda kenal saat ini secara signifikan.

komputer generasi kelima dengan kecerdasan buatan AI

Tujuan komputer generasi kelima sangat luar biasa, di mana generasi ini memiliki tujuan untuk menciptakan perangkat yang bisa merespon bahasa alami serta mampu untuk mengatur diri sendiri dan belajar.

Nah itulah ulasan mengenai komputer generasi pertama samapi dengan generasi kelima yang terus dikembangkan sampai saat ini. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan Anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*