Kapasitas Internal Storage Smartphone Besar? Tunggu Dulu!

Sebenarnya berapa sih kapasitas internal storage smartphone ideal yang harus Anda miliki? Karena mungkin banyak orang-orang yang memiliki lebih banyak ruang penyimpanan data di ponsel daripada di komputer mereka saat ini.

Jadi kali ini kita akan berbicara tentang apakah membeli ponsel berkapasitas tinggi itu perlu atau tidak. Dan ketika mengatakan “berkapasitas tinggi”, ini adalah sungguh-sungguh.

Akhir-akhir ini sangat mudah menemukan smartphone dengan kapasitas penyimpanan internal hingga 512 gigabytes.  Di mana Anda juga bisa menemukan itu di beberapa laptop.  Bahkan ada beberapa ponsel dengan model terabytes di luar sana.

Tetapi apakah ada penggunaan praktis untuk smartphone yang begitu luas? Atau apakah setiap orang menjatuhkan pilihan hanya untuk membuang-buang uang mereka demi membeli smartphone dengan kapasitas penyimpanan besar?.

kapasitas internal storage smartphone

Apa Yang Sebenarnya Menguras Storage Smartphone Anda?

Mari kita uraikan apa yang sebenarnya menguras memori penyimpanan ponsel. Untuk memulainya, ponsel apa pun yang Anda beli, jelas akan memiliki sistem operasi yang diinstal.  Sistem operasi ini mengambil tempat dari 5 hingga 15 GB. Tergantung pada pengaturan spesifik oleh produsen untuk perangkat Anda.

Jadi setelah OS ponsel mengambil sebanyak itu dari storage yang ada, pemakan kapasitas penyimpanan lainnya di ponsel Anda adalah berbagai game. Meski tidak seperti pada PC desktop sekarang, tentu saja Anda tidak akan melihat game seluler yang menghabiskan 50 GB atau lebih.

Tetapi kalau Anda merasa kapasitas penyimpanan smartphone Anda berkurang drastis, berarti Anda harus melacak apa yang Anda instal. Beberapa game dengan grafis bagus dapat memakan ruang sekitar 2GB dan beberapa di antaranya bahkan dapat memakan lebih dari 5GB.

Meski sebagian besar game biasanya hanya membutuhkan puluhan hingga beberapa ratus megabytes, mungkin saja Anda menginstal game favorit dengan visual grafis tinggi. Game itu “berukuran besar” dan banyak memakan memori penyimpanan.

Ok, penguras memori penyimpanan berikutnya adalah video. Sebagai contoh, video standar 1080p pada 30 fps akan memakan sekitar 130MB ruang penyimpanan per menit. Sedangkan video 4k pada frame rate yang sama bisa menghabiskan storage tiga kali lipat. Jadi kalau Anda memiliki total, katakanlah satu jam video 1080p dan 4k di smartphone, Anda mungkin membutuhkan sekitar 20GB ruang penyimpanan.

Teknologi Cloud Storage pada iPhone dan Android

Hal yang menggembirakan adalah iPhone dan perangkat Android hadir dengan sejumlah cloud storage gratis. Dengan demikian, tentu saja Anda dapat melakukan lebih banyak hal. Meskipun perlu waktu sedikit lebih lama untuk mengakses file di cloud dibandingkan dengan yang disimpan secara lokal di ponsel Anda. Dan kalau Anda menggunakan koneksi data seluler dengan batas bandwidth yang rendah maka bisa saja Anda menghabiskan banyak uang hanya untuk mengambil video yang ingin Anda perlihatkan kepada seseorang.

teknologi cloud untuk smartphone

Sekarang kami masih merekomendasikan bahwa jika Anda merekam banyak video atau foto penting, terlepas dari berapa banyak ruang penyimpanan pada ponsel, Anda juga bisa menyimpannya dengan aman baik ke cloud atau ke perangkat lain. Ini bertujuan sebagai cadangan jika perangkat Anda hilang atau rusak dan menghemat ruang penyimpanan data di ponesel Anda.

Beralih tentang foto, banyak ponsel kaliber andalan saat ini menggunakan sekitar 4MB per foto pada pengaturan default. Jadi jika Anda memiliki sekitar 500 foto yang tersimpan di ponsel maka Anda perlu menambahkan 2GB lagi di cloud storage dengan mudah. Tentu ini akan membantu mengimbangi dampak kehabisan storage pada ponsel terutama jika Anda sangat sering mengambil foto dalam aktivitas Anda.

Lantas bagaimana dengan audio? Ya, kebanyakan orang saat ini memiliki memiliki banyak lagu “di kantongnya”. Betapa tidak, akhir-akhir ini telah menjadi hal yang umum untuk mensubscribe layanan streaming seperti Spotify. Dengan ini, kita asumsikan bahwa Anda tidak memerlukan banyak ruang untuk musik. Meskipun demikian, mungkin juga Anda membutuhkan beberapa gigabytes  di ponsel Anda untuk mengunduh audiobooks atau podcast, atau mungkin konten video dari Netflix. Anda bisa menggunakan media itu secara offline untuk menemani Anda diperjalanan sperti di pesawat atau mobil misalnya.

Kategori Pengguna Ponsel

Kebutuhan kapasitas penyimpanan dengan ponsel akan berhubungan langsung dengan kategori pengguna ponsel. Sekarang, apakah Anda adalah seorang pengguna kelas berat. Dalam arti Anda merasa nyaman dan aktivitas Anda sangat terbantu dengan storage sekitar 50GB – 70GB. Tapi, ini juga tergantung bagaimana Anda menggunakan smartphone Anda.

Sedangkan bagi pengguna ponsel kategori biasa atau rata-rata, kapasitas penyimpanan internal mungkin memerlukan tambahan 15GB sampai 20 GB. Ini tidak hanya untuk aplikasi, tetapi juga untuk menyimpan semua data yang diunduh dan dibuat.

Sekarang coba pikirkan jika Anda adalah orang yang hobi mengambil foto dari dalam aplikasi medsos atau gambar-gambar dari forum chats besar yang orang-orang bagikan, atau suka mengambil video-video menarik. Maka Anda adalah orang yang menggunakan ponsel untuk banyak hal. Mungkin Anda akan nyaman dengan model 64GB atau 120GB tergantung dengan kebutuhan yang spesifik.

Kesimpulan

Memilih ponsel dengan kapasitas penyimpanan yang wah dan membuang-buang uang untuk itu sebaiknya tidak menjadi prioritas untuk saat ini. Kecuali Anda sangat memerlukan penggunaan yang khusus dan benar-benar sangat memerlukannya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*