Jurusan Terkait Bidang Komputer yang Kini Banyak Diminati

Jurusan Terkait Bidang Komputer yang Kini Banyak Diminati! Kita sudah dapat menyadari banyak hal bahwa bidang komputer kini telah menguasai segala sektor kehidupan manusia. Segala sudut tidak lepas dari bidang komputer. Rata-rata, banyak instansi dan perusahaan yang kini tidak lepas dari pemanfaatan komputer.

Kita tidak dapat menyangkal kebenaran itu. Karena memang pada kenyataannya, komputer telah banyak membantu meringankan pekerjaan manusia. Dan dengan kenyataan yang seperti ini, kesempatan dan peluang pekerjaan yang dibutuhkan dalam bidang komputer ini menjadi lebih besar.

jurusan terkait bidang komputer

Itulah sebabnya, mengapa kini kebanyakan orang berbondong-bondong untuk memilih jurusan bidang komputer untuk kuliah mereka. Mereka dapat melihat bahwa peluang berkarir di bidang komputer ini akan menjadi peluang yang konstan hingga mereka lulus kuliah nanti.

Namun suatu hal yang sangat disayangkan. Terkadang mereka menganggap bahwa semua jurusan yang berkaitan dengan komputer ialah sama. Mereka cenderung langsung memilih jurusan yang mereka temui, tanpa memahami basic dari masing-masing jurusan tersebut.

Nah, bila demikian, Anda tidak perlu risau bagaimana cara membedakannya. Dalam artikel kali ini, saya akan membagikan sedikit ulasan tentang perbedaan masing-masing jurusan yang berkaitan dengan komputer. Karena masing-masing yang dianggap relatif sama ini memiliki basic yang berbeda.

Ternyata Banyak Yang Daftar Kuliah Jurusan Ini Lho!

Tapi, sebelum membahas lebih detail tentang perbedaan dari masing-masing jurusan ini, perlu Anda ketahui bahwa semua jurusan ini memiliki mata kuliah yang hampir sama, hanya saja bobot yang diberikan itu berbeda. Tentu saja pembobotannya dititik-beratkan terhadap mata kuliah yang sesuai dengan jurusannya.

Nah, bagi kawan-kawan yang mempunyai minat untuk mengambil jurusan yang berkaitan dengan bidang komputer, sebaiknya simak terlebih dahulu tentang perbedaan dari masing-masing jurusan ini.

Teknik Informatika

Seringkali kita dipertemukan dengan sebuah mindset dimana kita menganggap bahwa orang yang lulusan teknik informatika bisa segalanya tentang komputer. Padahal tidak demikian. Teknik informatika mempunyai fokus keahlian tersendiri, walaupun jurusan ini memang memiliki cakupan yang luas.

Teknik informatika merupakan nama lain dari ilmu komputer. Jurusan ini memang dituntut untuk menguasai seluruh teori hingga mempunyai keahlian dalam mengembangkan software. Dalam artian, orang yang lulus dari jurusan ini diharapkan ia dapat merancang, membuat dan juga dapat mengembangkan dari perangkat lunak (software).

Selain itu, orang yang berada di jurusan ini diharapkan mampu berinovasi untuk menghasilkan sebuah software lebih canggih sesuai yang dibutuhkan.

Perbedaan Jurusan Terkait Bidang Komputer

Berikut ini beberapa jurusan kuliah yang masih berkaitan dengan komputer dan sanggup menarik minat banyak orang yang ingin melanjutkan pendidikannya.

Sistem Informasi

Jurusan sistem informasi ini diharapkan mempunyai daya analis yang tinggi. Karena basic dari jurusan sistem informasi ini diharapkan mampu menganalisis sistem yang berjalan di sebuah instansi atau perusahaan. Dari hasli analisis tersebut, diharapkan ia mampu merancang sistem informasi sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.

Dengan arti lain, jurusan sistem informasi ini akan menyetak lulusan yang dapat mengintegrasikan sistem informasi sebagai solusi dari permasalahan yang ada di instansi atau perusahaan. Dengan hal tersebut, kinerja perusahaan akan menjadi lebih efektif dan efisien.

Teknik Komputer

Jurusan teknik komputer ini lebih lebih terfokuskan untuk merancang serta membangun sistem yang berbasis komputer. Titik berat dari jurusan ini ialah mempelajari tentang hardware, software maupun interaksi antara komputer dan manusia. Dengan kata lain, jurusan teknik komputer ini diharapkan dapat merancang dan merakit perangkat keras (komputer) beserta sistem telekomunikasi yang ada di dalamnya.

Teknologi Informasi

Jurusan teknologi informasi ini diharapkan dapat merancang dan mengimplementasikan sebuah teknologi informasi. Selain hal tersebut, jurusan dari teknologi informasi ini juga diharapkan dapat merawat teknologi informasi yang telah dibuat tersebut.

Rekayasa Perangkat Lunak

Sekilas jurusan rekayasa perangkat lunak ini serupa dengan jurusan teknik informatika. Hanya saja, rekayasa perangkat lunak ini lebih terfokus untuk mempelajari proses bagaimana cara mengambangkan software. Berbeda dengan teknik informatika yang terfokus kepada bagaimana cara mendapatkan hasil yang optimal dengan pengembangan yang dilakukan. Jadi, rekayasa perangkat lunak ini berorientasi terhadap prosesnya, bukan terhadap hasil.

Jadi, sekalipun semua jurusan yang berkaitan dengan bidang komputer relatif sama, namun tetap saja mereka memiliki fokus yang berbeda. Ibaratkan minuman, antara kopi, teh dan susu. Mereka sama-sama minuman, namun tetep saja mereka adalah hal yang berbeda.

Jadi sebelum Anda meminumnya, sebaiknya pahami terlebih dahulu minuman apa yang Anda sukai. Begitu juga dengan beberapa jurusan bidang komputer di atas ini. Sebelum Anda terjun ke dalamnya, sebaiknya pahami terlebih dahulu minat dan hobby Anda, lalu sesuaikan dengan jurusan yang tersedia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*