9 Dasar Pemrograman Java Yang Perlu Kamu Ketahui

Tidak bisa dipungkiri bahwa memahami dasar pemrograman Java adalah tahapan penting untuk dapat belajar bahasa program komputer ini dengan baik. Mungkin Anda sudah mengetahui jika Java adalah salah satu bahasa koding tingkat tinggi dan platform yang sangat populer dan penggunaannya sudah sangat luas. Ketika Anda menulis program apapun maka platform itu adalah sebuah lingkungan (environment) yang akan membantu Anda untuk menjalankan dan mengembangkan program.

Beberapa kelebihan Java adalah aman, handal, dan juga cepat. Java banyak digunakan dalam berbagai kebutuhan seperti internet, ponsel, konsol permainan, super komputer ilmiah, aplikasi web dan deskstop, serta masih banyak yang lainnya.

Tapi bagaimanapun juga untuk menjadi mahir dalam bahasa Java atau bahasa pemrograman lainnya maka seseorang wajib untuk mengetahui dasar dari bahasa pemrograman tersebut.

Oleh karena itu, berikut ini kami ingin berbagi mengenai basic dari program Java yang perlu Anda pahami dengan baik.

Pelajari Dasar Pemrograman Java Dengan Baik

Berikut ini adalah 9 dasar belajar Java yang sebaiknya dikuasai dan diketahui terlebih dahulu oleh pemula sebelum melangkah ke tahapan yang lebih lanjut.

1. JDK, JRE, dan JVM

Java environment terdiri dari 3 bagian yang harus dipahami, yaitu JDK, JRE, dan JVM. Dengan mengetahui perbedaan dan fungsi dari ketiganya maka menjadi langkah awal yang bagus untuk mempelajari Java.

2. Memahami syntax dasar koding Java

Seperti sudah menjadi tradisi jika menampilkan kalimat “Hello World!” atau “Selamat Datang!” adalah merupakan program pertama yang biasanya dibuat oleh pemula. Tapi meskipun sederhana, dengan melakukan hal ini ketika awal belajar Java maka Anda akan memahami bagaimana komponen-komponen dan syntax bekerja dalam pemrograman.

Setiap bahasa pemrograman memiliki cara tersendiri untuk mendeklarasikan, menetapkan, atau bagaimana cara kerja pada komponen-komponen. Oleh sebab itu, memahami syntax dasar Java adalah langkah penting dalam menjadi programmer Java dan untuk menghindari syntax error.

3. Memberikan komentar pada kode program Java

Memberikan komentar pada kode Java akan sangat membantu Anda untuk lebih mudah menelusuri dan mengetahui tujuan dari baris kode program tersebut. Meskipun demikian, seperti pada bahasa pemrograman lainnya, Java sendiri memiliki tata cara tersendiri dalam penulisan kode program dan pemberian komentar. Oleh sebab itu, mengetahui cara berkomentar pada program Java perlu Anda ketahui.

4. Memahami tipe data pada Java

Java memiliki tipe data seperti tipe data primitif dan referensi. Yang membuatnya penting adalah setiap data tersebut bisa terkait dengan variabel tertentu. Setiap tipe data juga memiliki operasi-operasi tertentu yang bisa dilakukan terhadapnya dan juga memiliki jumlah memori yang berbeda.

5. Mengenal variabel

Dalam program Java, suatu nilai dengan tipe data tertentu dapat dimiliki oleh variabel dan nilainya bisa disimpan dalam memori. Dengan kata lain variabel itu sendiri adalah nama yang diberikan untuk lokasi memori dan ini merupakan unit dasar penyimpanan pada program. Tanpa variabel kita akan sulit memanipulasi suatu data dalam memori permograman.

6. Mengetahui dan menggunakan keyword Java

Dalam Java, ada beberapa kata-kata tertentu yang memiliki fungsi khusus dan di kenal juga sebagai keyword atau reserves word. Kenapa penting? Karena keyword ini dapat merepresentasikan tindakan yang sudah ditentukan dan juga digunakan dalam beberapa proses initernal. Selain itu, compile error juga bisa terjadi ketika keyword tersebut digunakan untuk penamaan objek-objek atau variabel.

7. Memahami operator Java

Tanpa operator, semua bahasa pemrograman yang ada saat ini mungkin tidak akan terasa lengkap, demikian juga pada Java. Operator menjadi berperan sangat penting dan telah menjadi pondasi dalam pemrograman. Anda akan memerlukan operator ketika akan bekerja dengan fungsi matematika dan juga logika secara spesifik terhadap nilai yang dioperasikan atau operands.

8. Pernyataan pengambilan keputusan

Ketika membuat program terkadang Anda menginginkan suatu blok kode dijalankan ketika suatu kondisi terpenuhi. Dengan demikian pemahaman terhadap kontrol pernyataan dalam pengambilan keputusan menjadi hal yang penting. Berdasarkan kondisi tertentu, alur pemrograman dapat “ditentukan arahnya”.  Perubahahan keadaan atau state dari suatu program bisa saja membuat alur program itu menjadi “maju” ataupun “bercabang”.

9. Memahami Perulangan atau Loops

Terdapat beberapa loops pada Java dan ini akan membuat program menjadi lebih kuat dengan lebih koding yang lebih efisien. Bagaimana tidak, Anda bisa membuat suatu pernyataan melakukan tugasnya secara terus menerus selama suatu kondisi yang Anda persyaratkan terpenuhi.

Loop seperti for, while, do while, foreach, adalah beberapa loop yang bisa Anda temukan pada Java. Meskipun fungsi dasarnya serupa yaitu untuk melakukan perulangan perintah tapi ada syntax dan tempat penggunaan yang tepat untuk setiap loop tersebut. Oleh sebab itu, pemahaman terhadap loop dalam belajar Java akan menjadi sangat penting.

Nah, itulah 9 dasar pemrograman Java yang penting untuk dipahami. Apakah menurut Anda ada basic lainnya yang belum disebutkan? Silakan berbagi di kolom komentar.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*