Class NumberFomat Pada Pemrograman Java

Class NumberFormat dapat digunakan untuk memformat angka sesuai dengan lokasi spesifik. Class ini adalah class abstract yang terdapat pada package java.text, dan merupakan class dasar untuk semua pemformatan angka-angka.NumberFormat menyediakan interface untuk memformat dan melakukan parse angka,sehingga kode pemrograman dapat benar-benar bebas untuk melakukan konvensi lokal untuk titik desimal, pemisah ribuan, atau bahkan digit desimal tertentu yang digunakan.

Baca juga : BigInteger Class

Untuk mendapatkan instance dari class ini, maka anda harus memanggil method :

  • getInstance(), atau
  • getNumberInstance()

Syntax untuk method tersebut adalah:

  • public static NumberFormat getNumberInstance(Locale locale)
  • public static NumberFormat getInstance(Locale locale)

Contoh:

Output:
Nilai format: 453657.7867 for locale: en_US
Angka: 453,657.787
Mata uang: $453,657.79
Nilai format: 453657.7867 for locale: in_ID
Angka: 453.657,787
Mata uang: Rp453.657,79

Pada kode di atas, nilai double pada variabel d diformat sesuai dengan lokasi spesifik, yaitu Amerika, dan Indonesia

NumberFormat_Java_Class

Jika anda akan melakukan berbagai format terhadap angka-angka, sebaiknya anda menggunakan loop seperti contoh berikut ini:

 

Contoh output:

Melakukan  Format Terhadap Nilai Mata Uang

Untuk melakukan format terhadap nilai mata uang dan angka persentase, anda bisa menggunakan  method getCurrencyInstance() dan method getPercentInstance(), seperti  contoh berikut ini melakukan format secara default:

Output:

Saldo awal $1,500.00 dengan bunga 7% totalnya menjadi $1,605.00

Beberapa hal yang perlu diingat ketika akan menambahkan ‘koma’ pada angka adalah:

  • Anda bisa menggunakan class NumberFormat atau DecimalFormat untuk melakukan pengelompokan dan menampilkan koma diantara digit-digit angka
  • Anda bisa menggunakan method NumberFormat.setGroupingUsed(true), method ini akan mem-passing argumen true sehingga pengelompokan dilakukan.
  • Secara default pengelompokkan adalah tiga digit, contohnya 10000000 di kelompokkan menjadi 10,000,000. Artinya, tanda koma akan dimasukkan setelah tiga digit dari kanan dan hanya pada bagian integer saja dari angka tersebut.
  • Untuk menambah ukuran pengelompokkan atau grouping tersebut, anda bisa menggunakan method setGroupingSize(size) dari class DecimalFormat. Misalnya setGroupingSize(5), maka akan menampilkan koma setelah setiap lima digit dimulai dari titik desimal ke kiri.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*