Class Number Pada Pemrograman Java

Abstract class Number adalah superclass untuk class numeric wrapper seperti BigIntegerBigDecimalByte, Double, Float, Integer, Long, Short. Class tersebut memiliki method yang bisa dibilang umum seperti:

NoMethodDescription
1byteValue()Mengembalikan nilai angka yang ditentukan sebagai byte.
2doubleValue()Mengembalikan nilai angka yang ditentukan sebagai double.
3floatValue()Mengembalikan nilai angka yang ditentukan sebagai float.
4intValue()Mengembalikan nilai angka yang ditentukan sebagai int.
5longValue()Mengembalikan nilai angka yang ditentukan sebagai long.
6shortValue()Mengembalikan nilai angka yang ditentukan sebagai short.

Karena method-method tersebut tidak dapat diimplementasikan pada class Number, maka semuanya didefinisikan sebagai method abstract pada class Number. Dan oleh sebab itulah class Number adalah class abstract. Sementara itu class wrapper sebagai subclass akan mengoverride method tersebut.

 

Contoh penggunaan method byteValue()

The byteValue () adalah method class byte dalam package java.lang. Method ini mengubah angka yang diberikan menjadi tipe byte primitif dan mengembalikan nilai objek integer sebagai byte. Method ini juga mengoverride byteValue () dari class Number.

Syntax:

Contoh  1:

Contoh output:

Contoh 2:

Output:

Contoh 3:

Contoh penggunaan method doubleValue()

Syntax:

Contoh 1:

Output:

Contoh 2:

Output:

Contoh 3:

Output:

Contoh penggunaan method floatValue()

Syntax:

Contoh:

Output:

Contoh penggunaan method intValue()

Syntax:

Contoh:

Output:

Contoh penggunaan method longValue()

Output:

Contoh penggunaan method shortValue()

Output:

Banyak orang bertanya mengapa kelas tipe wrapper itu dibutuhkan? Sekilas mereka sepertinya cuma menduplikasi tipe data primitif saja. Padahal sebenarnya class type-wrapper itu memiliki beberapa kegunaan, diantaranya adalah:

  • Anda bisa menyimpan nilai tipe primitif dalam objek tipe-wrapper setiap kali objek tersebut diperlukan. Misalnya, kelas ArrayList hanya bisa menampung objek-objek.
    Oleh sebab itu ketika Anda ingin meletakkan angka dalam ArrayList maka Anda bisa meng-wrap setiap nilai dalam dalam sebuah objek tipe wrapper dan menyediakan objek di simpan dalam ArrayList. Konversi dari tipe primitif ke objek terjadi secara otomatis sejak JDK 5.0.
  • Class wrapper bisa menentukan variabel yang berguna, seperti MIN_VALUE dan MAX_VALUE.  Variabel itu menyediakan informasi umum tentang tipe data.
    Selain itu, class itu juga mendefinisikan method yang bermanfaat untuk mengkonversi nilai ke tipe lain, seperti untuk mengkonversi ke string, dan lain-lain.
  • Class wrapper digunakan dalam mekanisme Java reflection. Sehingga dapat mengizinkan program guna memperoleh informasi mengenai objek atau class di Java VM.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*