Belajar Menggunakan Array Pada Java

Apa Itu Array Pada Java?

Mempelajari array dalam Java untuk pemula adalah hal yang sangat penting. Array adalah struktur fleksibel untuk menyimpan suatu urutan keseluruhan nilai dalam tipe yang sama.
Misalkan  kita ingin menyimpan beberapa nilai untuk pembacaan suhu :
Langkah diatas bukan merupakan ide yang buruk, bila kita hanya akan menyimpan 3 nilai suhu saja. Sering kita harus menyimpan nilai dalam jumlah yang sangat besar selama mengeksekusi program.

Misalkan, kita harus membaca 1000 angka nilai pembacaan suhu seperti di atas, menghitung nilai rata-ratanya dan membandingkan berapa banyak angka suhu  yang berada di atas nilai rata-rata tersebut.

Dengan tujuan untuk menjalankan tugas seperti ini, angka tersebut harus disimpan di dalam variabel-variabel. Kita harus mendeklarasikan 1000 variabel dan mengulang kode yang hampir identik sebanyak 1000 kali.

Tentu saja hal ini tidak layak dalam praktik pemrograman dan tidak efisien, terus bagaimana mengatasi hal seperti ini? Ya, langkah yang terorganisir sangat diperlukan. Oleh karena itu Java menyediakan data struktur, yaitu array.

Array menyimpan elemen dalam tipe yang sama dengan ukuran yang ditetapkan secara logis. Dalam kasus di atas, kita dapat menyimpan 1000 angka tersebut dalam array dan mengaksesnya melalui variabel array tunggal.
Nilai yang disimpan dalam array disebut dengan elemen. Individu elemen diakses menggunakan index integer.
Belajar Menggunakan Array Pada Java
Contoh output array

Sekali array dibuat, maka ukurannya ditetapkan. Variabel referensi array digunakan untuk mengakses elemen array dengan mengunakan index.

Array digunakan untuk menyimpan data, namun sering kita temukan pemikiran yang lebih berguna dari array yang merupakan kumpulan variabel dengan tipe yang sama.

Bagaimana Mendeklarasikan Array Pada Java?

Sebelum menggunakan array, kita perlu terlebih dahulu untuk mendeklarasikan variabel referensi dan menetapkan tipe elemen array tersebut.
Syntax untuk mendeklarasikan array :
elementType[] arrayRefVar;
elementType atau tipe elemen bisa berupa tipe data apapun, dan semua elemen dalam array harus memiliki tipe data yang sama.

Sebagai contoh, kode di bawah ini mendeklarasikan sebuah variabel suhu yang mengacu ke sebuah array dengan elemen bertipe double :

double [] suhu;

Bagaimana Membuat Array Pada Java?

Ingat Array adalah objek !.

Oleh karena itu, array harus dikonstruksi. Mendeklarasikan variabel dengan simpel tidak cukup untuk membawa objek pada keberadaannya.

Tidak seperti deklarasi variabel dengan tipe data primitif, variabel array setelah dideklarasikan tidak menempati ruang dalam memori untuk array tersebut, memori hanya membuat ruang penyimpanan untuk referensi pada array.

Oleh karena itu, jika variabel tersebut tidak mengacu, atau tidak mengontrol array, maka nilai variabel tersebut adalah null. Kita tidak bisa menetapkan elemen pada array, kecuali array tersebut sudah dibuat.

Setelah variabel dideklarasikan, kita bisa membuat array dengan menggunakan operator new dan menetapkannya sebagai referensi pada variabel dengan syntax :

arrayRefVar = new elementType[arraySize];

Bila kita inginkan array suhu seperti di atas tersebut memiliki lima nilai, maka bisa ditulis :


Pernyataan ini mendeklarasikan array dengan variabel suhu, membuat lima elemen array dengan tipe double dan menetapkan referensinya ke suhu.

Untuk menetapkan nilai pada elemen, gunakan syntax :
arrayRefVar[index] = value; 
Sebagai contoh, kode di bawah ini menginisialisasi array :

Sebuah program dapat membuat lebih dari satu array dalam satu deklarasi, deklarasi di bawah ini akan menyediakan 50 elemen untuk b dan 20 elemen untuk x.


Namun untuk memudahkan pembacaan program, lebih baik ditulis dengan :


Program dapat mendeklarasikan array dalam tipe apapun. Setiap elemen dari array tipe primitif mengandung sebuah nilai dari tipe elemen array yang dideklarasikan.

Demikian pula, dalam berbagai tipe referensi, setiap elemen merupakan referensi terhadap objek dari tipe elemen array yang dideklarasikan.

Misalnya, setiap elemen dari array int adalah nilai int, dan setiap elemen dari array String merupakan referensi ke objek String.

Nilai Default dan Ukuran Array Pada Java

Nilai default dari array adalah :

  • 0 untuk tipe data primitif numerik.
  • u0000 untuk tipe data char
  • false untuk tipe data boolean

ukuran array tidak bisa diganti ketika array sudah dibuat. ukuran tersebut dapat diperoleh dengan syntax :

arrayRefVar.length

Contoh :

suhu.length adalah 5

Mengakses Elemen Array Pada Java

Elemen array dapat diakses melalui index. Array index adalah 0 basis, yang berarti array memiliki range dari 0 sampai arrayRefVar.length-1.

Contoh :


Dapat diartikan variabel suhu memegang lima nilai dengan tipe double, dan indexnya dari 0 sampai 4. setiap elemen direpresentasikan dengan syntax di bawah ini :

arrayRefVar[index];

Sebagai contoh di atas, suhu[4] akan merepresentasikan nilai terakhir dalam array suhu.

Variabel index ini juga dapat dioperasikan dengan cara yang sama seperti variabel reguler. Msalnya :

artinya menjumlahkan nilai dari suhu]2] dan suhu[3] ke suhu[1]. 

Inisialisasi Array Pada Java

Java memiliki notasi singkat untuk menginisialisasi array, yaitu dengan syntax :

Contoh :

akan mendeklarasikan, membuat dan mendeklarasikan array suhu, yang sama dengan pernyataan di bawah ini :

Contoh penggunaan array :

  • Mendeklarasikan array dan menginisialisasi nilainya ke 0.

Output:

  • Menggunakan penginisialisasi array

Output :

    • Menghitung nilai untuk setiap elemen array

Output :

  • Menjumlahkan Array Dan Mencari Nilai Rata-rata Elemen Array

Output:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*