Belajar Membuat Game Tic Tac Toe Simpel Dengan Java

Membuat game Tic Tac Toe dengan Java dapat dilakukan dengan metode pemrograman berorientasi objek. Terkadang belajar Java bagi pemula bisa menjadi hal yang sulit, terutama dalam penerapan algoritmanya.Oleh karena itu dengan memahaminya melalui pembuatan game sederhana tanpa GUI ini, diharapkan bisa menambah pemahaman anda mengenai Java programming.

 

game_tic_tac_toe_java

Aturan dari permainan ini adalah:

  • Terdiri dari dua player di mana masing-masing player menggunakan karakter x atau o.
  • Papan Tic tac toe terdiri dari 9 kotak kosong saat game dimulai
  • Pemenangnya adalah player yang lebih dulu bisa menempatkan karakter yang digunakan dalam posisi kotak vertikal, horizontal maupun diagonal.
  • Jika tidak ada pemenang dan papan sudah terisi penuh maka permainan berakhir draw.

Bila anda perhatikan, array dua dimensi ukuran 3 x 3 bisa merepresentasikan data pada papan Tic tac toe tersebut, seperti gambar di bawah ini:

array_2D_java_tic_tac_toe

 

Mulai Membuat Game Tic Tac Toe

Program game Tic Tac Toe yang dibuat dengan program Java ini terdiri dari 2 class,  yaitu class MyTicTacToe dan class TestGame untuk mendemonstrasikan.

Permainan ini dimainkan oleh 2 pemain, masing-masing memilih karakter x atau o. Karakter yang dimainkan itu disimpan dalam array dua dimensi.

Pada line 14-18, status game yaitu game ketika ada pemenang, draw ataupun sedang berjalan dikelompokkan dalam enum. Dalam program java, enum adalah list dari constant-constant.

Pada line 22 – 48 adalah konstruktor dari objek class MyTicTacToe. Konstruktor ini akan memastikan bahwa ketika objek itu dibuat, maka objek array dua dimensi yang terdiri dari 3 kolom dan 3 baris juga dibuat (line 24). Kemudian pemain akan diminta memilih karakter yang akan dimainkan (line 28 – 44) menggunakan do while loop.

Konstruktor ini juga akan menginisialisasi  papan game (line 45). Inisialisasi ini bisa diartikan dengan mengosongkan papan game, dalam hal ini area pada papan yang kosong diberi karakter ‘?’.  Kemudian  setelah diinisilisasi papan akan ditampilkan (line 46).

Method untuk menginisialisasi papan adalah inisialisasiPapan() pada line 51 – 71.

Pada line 76 – 84 ada method cekPilihKarakter() dengan tipe boolean yang akan mengembalikan nilai true atau false. Method ini akan memastikan pemain hanya memilih karakter dengan benar.

Untuk menampilkan papan Tic Tac Toe menggunakan method tampilkanPapan() pada line 88 – 98. Hal yang penting dalam method ini adalah harus dapat mengaitkan array papanGame ketika papan ditampilkan, (perhatikan line 93).

Pergantian pemain dalam hal ini misalnya ketika pemain x telah menandai papan maka ia akan di ganti oleh pemain o, diatur oleh method gantiPemain pada line 102 – 109.

Lantas bagaimana jika kita mengetahui jika telah ada pemenang dalam permainan ini? Pada kode program diatas pada line 113 – 155 terdapat method – method yang saling berkaitan, dan semuanya disimpulkan dalam method cekPemenang().

Game Tic Tac Toe juga bisa berada dalam kondisi draw, artinya ketika semua area pada papan sudah terisi oleh karakter-karakter x dan o, dan tidak ada pemenang. Untuk mengecek draw ini menggunakan method cek draw (), (line 163 – 173).

Pada line 177 – 192 terdapat method statusSekarang() dan method tampilkanStatus(). Method statusSekarang() akan memeriksa apakah sudah ada pemenang, draw atau permainan masih berjalan. Dan method ini akan mengembalikan constant dalam enum sesuai dengan status tersebut.

Ketika salah satu status tercapai dalam hal ini ada pemenang ataupun permainan berakhir draw, maka method tampilkanStatus() akan menampilkan pesan sesuai dengan kondisi tersebut.

Pada line 197 – 233 terdapat method inputKarakter() dan tandaiPapan(). Method inputKarakter() akan  memvalidasi apakah user sudah memilih baris dan kolom yang sesuai dan tidak menempatkannya pada area yang sudah terisi oleh karakter x atau o lainnya. Method ini akan memanggil method tandaiPapan() untuk menandai papan dengan karakter.

Pada line 236 – 241 terdapat method start(). Method ini akan terus memanggil method inputKarakter selama status game masih berjalan. Kemudian akan menampilkan pesan jika ada pemenang ataupun permainan berakhir draw.

Untuk mendemonstrasikannya, dengan class TestGame seperti di bawah ini:

Contoh output:

membuat_game_tic_tac_toe_java
Contoh ouput game Tic tac Toe simpel dengan pemrograman Java

Semoga belajar membuat game Tic Tac Toe simpel ini dapat membantu anda dalam memhami pemrograman Java. Please feel free to comment, thanks.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*