Belajar Membuat Game 2D Dengan Java dan Netbeans Bagian II: Window

Hai guys, pada bagian I dari belajar membuat game 2D dengan Java dan Netbeans anda sudah memiliki sebuah class dengan nama Main, yang berada di dalam package com.bahasajava.gamejava.

Selanjutnya, sekarang anda akan menampilkan window pada layar menggunakan JFrame.

Karena class Main hanya digunakan untuk menjalankan game saja, maka untuk tujuan ini kita bisa membuat class baru.

Membuat Class Untuk Menampilkan Window

Tapi, agar mudah dipahami, admin rasa kita harus belajar dari analogi.

Ketika anda melihat foto yang menggunakan bingkai atau frame, anda bisa mengetahui kalo foto itu terdiri dari frame yang menampung kertas foto. Selanjutnya kertas foto itu yang digunakan untuk menempatkan gambar.

Apa hubungannya dengan ini?

Baca pelan-pelan ya, biar mudah di pahami…

Dalam Java, ketika anda ingin menggambar atau menempatkan objek gambar maka anda membutuhkan area kosong yang bisa melakukannya. Dan, untuk menampilkan gambar dan area kosong itu, anda juga membutuhkan objek container atau wadah atau frame yang bisa menampung semuanya.

Java  telah menyediakan banyak class-class yang sangat berguna untuk mendukung program apapun yang anda buat.

Anda bisa menggunakan class Canvas yang merupakan representasi area blank berbetuk persegi untuk meletakkan gambar yang bisa berenteraksi dengan user. Nah, objek Canvas itu adalah ibarat kertas foto kosong dan harus di simpan menggunakan wadah atau container, agar nantinya bisa ditampilkan.

Sedangkan yang bertindak sebagai wadah atau container adalah objek dari komponen Swing yaitu JFrame. Dalam Java, JFrame dan Canvas ini memiliki berbagai method dan properti, sama seperti class-class Java lainnya termasuk class yang anda buat nanti.

Sekarang inilah tujuan anda, hanya menampilkan window blank dengan ukuran tertentu sebagai arena game nantinya, tanpa canvas.

Untuk itu anda butuh class yang bisa menghasilkan objek yang bisa melakukannya.

Ok, ikuti langkah berikut:

  • Pada project Game Java yang sudah anda buat sebelumnya, buatlah package baru dengan nama com.bahasajava.gamejava.gamedisplay
  • Pada package baru tersebut buat sebuah class dengan nama GameDisplay

Tulis kode berikut ini pada class GameDisplay:

Dan untuk sekedar mengujinya, tulis kode berikut pada class Main:

Sekarang, jalankan programnya atau tekan shortcut F6. Semoga anda memperoleh hasil seperti gambar di bawah ini:

Jika sudah, anda sudah berhasil membuat frame window, maka selanjutnya anda akan menempatkan canvas pada window tersebut, sebagai tempat meletakkan gambar.

Ok, sampai di sini dulu ya, lebih baik tahap-demi tahap tutorialnya agar lebih mudah dipahami.

Baca juga:
Bagian I
Bagian III

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*