Belajar Membuat Game 2D Dengan Java dan Netbeans Bagian III: Canvas

Oke, lanjut lagi ya. Pada bagian II dari tutorial ini, anda sudah membuat window untuk menampilkan game. Tapi, masalahnya adalah tidak ada grafik atau gambar yang ditampilkan pada layar.

Sebelum beranjak ke situ, anda juga sudah mengetahui jika sebuah komponen java.awt.Canvas akan merepresentasikan area persegi yang kosong dan dapat digunakan untuk menampung grafik-grafik tersebut.

Oleh sebab itu, pembahasan kali ini adalah mengenai Canvas terlebih dahulu. Jadi kita akan menampilkan gambar atau grafik seperti player, background, dan lain-lain melalui Canvas nantinya.

Dengan kata lain anda akan menggambar semuanya pada objek Canvas. Kemudian, setelah semua grafik selesai digambar, maka gambar tersebut akan disimpan pada frame. Selanjutnya, anda bisa melihat grafik tersebut melalui layar. Seperti inilah dasar cara kerja program yang harus anda pahami sebenarnya.

Oke, lanjut koding lagi.

Berikut ini adalah kode program untuk class GameDisplay, setelah di update dengan Canvas dan pengaturannya.

Pada line 37 sampai 41, anda akan melihat pengaturan ukuran Canvas harus menggunakan class Dimension. Jadi anda tidak bisa secara sederhana hanya memasukkan nilai variabel lebar dan tinggi seperti pada JFrame untuk mengatur ukurannya. Dalam kasus ini adalah objek Dimension adalah anonymous objek. Class Dimension ini akan mengenkapsulasikan lebar dan tinggi dari suatu komponen dalam satu objek tunggal.

Anda kemudian bisa menuju ke class Main dan mengeksekusi lagi program ini.

Berikut ini adalah tampilan window game yang anda buat dengan canvas yang memiliki background merah.

Warna background merah itu hanya untuk menguji saja jika canvas sudah ditempatkan dalam frame, anda bisa menghapus kode di line 4 dan 44 untuk menghilangkan warna background tersebut.

Membuat Class Yang Memegang Kode Dasar Game

Selanjutnya, anda bisa membuat satu class yang sangat penting karena class ini yang memegang kode dasar dari game seperti memulai, menjalankan, menghentikan game, dan sebagainya.

Buat satu class dalam package com.bahasajava.gamejava dan beri nama class tersebut Game.

 

class Game java Netbeans

Class game ini akan membutuhkan objek GameDisplay. Jadi kita perlu membuat variabel instance dari class GameDisplay dari pada class Game.

Berikut ini adalah kode pada class Game:

Jadi, ketika objek Game ini diinisialisasi maka kita menginginkan agar objek gameDisplay (lihat line 15) di tampilkan pada layar.

Oleh sebab itu, anda harus membuat objek Game ini pada class Main, yaitu ketika program mulai dieksekusi.

Berikut ini kode yang telah di update pada class Main:

Sekarang cobalah anda jalankan programnya, anda masih akan mendapatkan tampilan yang sama. Namun, sekarang objek dari class Game telah berperan untuk menampilkan window.

Ok, sampai di sini dulu ya. Pada tutorial berikutnya anda akan belajar menggunakan Threads dan memahami game loop, sebagai konsep penting untuk semua game.

Baca juga:
Bagian I
Bagian II

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*