Belajar Java Memahami Pernyataan Switch

Belajar Java Memahami Pernyataan Switch

Belajar Java Memahami Pernyataan Switch – Pernyataan switch dapat digunakan untuk menyederhanakan coding untuk kondisi kompleks, karena terus-menerus menggunakan pernyataan if bersarang membuat program menjadi sulit untuk di baca.

Struktur penggunaan switch adalah sebagai berikut :

Aturan Pernyataan Switch Pada Java

Pernyataan switch memiliki aturan sebagai berikut :
  • Ekspresi switch harus menghasilkan nilai dari tipe char, byte, short, int, atau String dan harus selalu dapit menggunakan tanda kurung.
  • Nilai 1,…, dan nilai x harus memiliki tipe data yang sama seperti nilai dari ekspresi switch. Nilai 1,…nilai x adalah ekspresi konstan, artinya tidak dapat mengandung variabel seperti 1 + z.
  • Ketika nilai pada pernyataan case sesuai dengan nilai dari ekspresi switch, pernyataan yang dimulai dari case ini akan dieksekusi sampai pernyataan break atau akhir dari pernyataan switch tercapai.
  • Pada default case, yang bersifat opsional, dapat digunakan untuk melakukan aksi ketika tidak ada satupun case yang sudah ditetapkan sesuai dengan ekspresi switch.
  • Keyword break bersifat opsional. Pernyataan break segera mengakhiri pernyataan switch.

Contoh penggunaan sederhananya seperti di bawah ini :

Output :

Berapa jumlah tomat: 
6
Jumlah tomat bukan 5,4, atau 3

jumlah_Tomat adalah variabel dengan tipe integer. Jika user menginput jumlah tomat misalnya 5, maka kondisi case 5 berlaku, yaitu String “Jumlah tomat 5, pas” akan muncul pada output ketika program dijalankan. Demikian juga dengan case 4 atau case 3, akan memunculkan string yang sesuai jika kondisinya terpenuhi.

 Namun jika jumlah tomat bukan 5, 4 atau 3, maka kondisi default terpenuhi, yaitu akan menampilkan String “Jumlah tomat bukan 5,4, atau 3”.

Contoh coding Java  pernyataan switch yang bersarang

Program akan menerima input nilai siswa dari user, kemudian akan menghitung dan menampilkan nilai rata-rata dari nilai para siswa tersebut. Program juga akan mengkategorikan nilai berdasarkan huruf, dan menampilkan jumlah dari masing-masing kategori huruf tersebut. Pada program ini juga terdapat penggunaan while loop, serta pernyataan if dan else.

class DataNilaiSiswa

class DemoDataNilaiSiswa

Output:

Memahami Pernyataan Switch Pada Java
Ouput Program

Demikianlah pembahasan mengenai Belajar Java Memahami Pernyataan Switch, mohon di share jika dirasa bermanfaat untuk anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*