Belajar Java Dasar Operator Increment Dan Decrement

Belajar Java Dasar Operator Increment Dan Decremen

Belajar Java Dasar Operator Increment Dan Decrement – Java menyediakan dua operator untuk menambahkan 1 atau mengurangi 1 dari nilai sebuah variabel numerik.
Operator ini adalah increment operator ++ dan decrement operator –.
Sebuah program dengan variabel x dapat ditambahkan atau dinaikkan atau di increment 1 dengan operator ++, daripada menggunakan ekpresi x = x + 1 atau x += 1. Dan juga dapat dikurangi atau diturunkan atau di decrement 1 dengan operator –, daripada menggunakan ekspresi x = x-1 atau x -=1.
Operator increment atau decrement yang ditempatkan sebelum variabel (prefix), masing-masing disebut sebagai sebagai operator prefix increment atau prefix decrement.
Sedangkan operator increment atau decrement yang ditempatkan setelah variabel (postfixed), masing-masing disebut sebagai operator postfix increment dan postfix decrement.
operator increment-decrement

Penggunaan operator increment dan decrement

Gunakan operator prefix increment (atau decrement) untuk menambahkan (atau mengurangi) 1 dari sebuah variabel, yang dikenal sebagai preincrementing (atau predecrementing) variabel.

Preincrementing (atau predecrementing) variabel ini menyebabkan nilai variabel ditambahkan (atau dikurangi) oleh 1, dan kemudian nilai baru dari variabel digunakan dalam ekspresi yang ada.

Gunakan operator postfix increment (atau decrement) untuk menambahkan (atau mengurangi) 1 dari sebuah variabel, yang dikenal sebagai postincrementing (atau postdecrementing) variabel.

Postincrementing (atau postdecrementing) variabel ini menyebabkan nilai variabel yang sebenarnya, digunakan dalam ekspresi yang ada, dan kemudian variabel tersebut ditambahkan (atau dikurangi) oleh 1.

Untuk lebih jelasnya :

  • ++x adalah prefix increment, menambahkan 1 pada variabel x, dan kemudian menggunakannya dalam ekspresi.
  • –x adalah prefix decrement, mengurangi 1 pada variabel x, dan kemudian menggunakannya dalam ekspresi.
  • x++ adalah postfix increment, menggunakan nilai variabel x pada ekspresi, dan kemudian ditambahkan 1.
  • x– adalah postfix deccrement, menggunakan nilai variabel x pada ekspresi, dan kemudian dikurangi 1.
Contoh coding Java:

Output:

Demikianlah pembahasan mengenai Belajar Java Operator Increment Dan Decrement, tentunya semoga bisa bermanfaat untuk anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*