Belajar Java Dasar Manipulasi JPanel Dengan Mudah

Belajar Java Dasar Manipulasi JPanel Dengan Mudah

Belajar Java Dasar Manipulasi JPanel Dengan Mudah – Ini adalah lanjutan dari Belajar Java Programming JPanel Tingkat Dasar.
JPanel tidak hanya dapat digunakan sebagai layer untuk Content Pane, namun juga sebagai tempat widget, JPanel ini juga dapat melakukan berbagai macam hal.

Pada kesempatan ini akan diperlihatkan bagaimana dasar JPanel dimanipulasi dengan proses yang cukup simpel namun juga penting untuk diketahui, yaitu dengan menambahkan beberapa panel berwarna pada content pane.

Contoh :

Output :

Memahami Dasar Manipulasi JPanel Dengan Mudah
Manipulasi JPanel

Beberapa hal yang penting untuk diingat di sini, JPanel adalah merupakan wadah dan kita bisa membuatnya bersarang (nested). Jika kita memiliki beberapa widget yang perlu ditetapkan dengan urutan tertentu, maka tempatkan widget-widget itu pada JPanel.

Kita bisa memindahkan JPanel disekitar layar tanpa harus mengubah urutan atau menempatkan widget  di dalam JPanel tersebut. Juga perlu diingat, JPanel tidak  benar-benar digunakan untuk menggambar pada layar.

Disini kita hanya mewarnainya, sehingga memudahkan kita untuk memahami penempatan dan mengatur ukuran objek pada layar. Untuk menggambar dalam Swing, ada package terpisah yaitu Graphics2D.

Semoga pembahasan kali ini pada Belajar Java Dasar Manipulasi JPanel Dengan Mudah, dapat banyak membantu anda untuk memahami dasar GUI pada Java.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*