Belajar Java Class Dan Objek

Setelah sebelumnya mengetahui tentang array baik itu satu dimensi ataupun dua dimensi dan tiga dimensi (multidimensi), maka selanjutnya adalah mengenai dasar dari OOP (Object Oriented Programming).

Pemrograman berorientasi objek  merupakan pemrogaman yang melibatkan objek. Objek tersebut di hasilkan dari class. Jadi class itu bisa dikatakan sebagai template, cetak biru atau bahkan kontrak yang menetapkan data field atau method dari objek tersebut.

OOP

Sementara itu, objek itu sendiri memiliki:

  • Identitas yang unik
  • State atau properties atau atribut yang direpresentasikan oleh data field dengan nilai tertentu.
  • Perilaku atau aksi yang bisa ditetapkan dengan method.

Hubungan antara class dan objek adalah seperti resep membuat roti cokelat dan roti cokelat itu sendiri sebagai bentuk konkritnya, dan anda dapat membuat sebanyak apapun roti cokelat dari satu buah resep.

Lihat contoh di bawah ini:

Dikarenakan class merupakan cetak biru atau template, maka kita bisa membuat objek persegi panjang dari class PersegiPanjang yang memiliki atribut dan kemampuan atau method seperti pada class Persegi Panjang. Berapa banyak objek yang bisa dibuat? Sebanyak apapun yang anda mau.

Sekarang coba pikirkan apa yang dimiliki oleh persegi panjang, yang mudah saja, misalnya persegi panjang itu memiliki panjang dan lebar dengan nilai tertentu. Maka nilai ini disebut dengan state atau properties atau atribut yang direpresentasikan oleh data field.

Contoh:

 

Kemudian, apa yang bisa dilakukan oleh objek persegi panjang? Misalnya objek persegi panjang nantinya bisa menghitung luas dan menghitung keliling, ini merupakan aksi atau perilaku atau method.

Lihat contoh di bawah ini:

Ok, jadi nanti objek yang dibuat atau istilahnya instance memiliki data field dan dapat menggunakan method yang ada pada class PersegiPanjang.

Lantas bagaimana cara membuat atau istilahnya instantiantion suatu objek?

Mudah saja, yaitu dengan menggunakan operator new:

PersegiPanjang persegiPanjang = new PersegiPanjang();

persegiPanjang adalah variabel referensi objek, jadi bisa dibilang seperti remote control, untuk mengendalikan objek. Terus berada di mana objeknya? Objek dalam Java berada di suatu tempat yang disebut dengan heap.

Terus bagaimana anda mengendalikan objek menggunakan variabel referensi objek atau remote control agar objek tersebut melakukan apa yang kita mau? Mudah saja, gunakan tanda titik atau operator dot.

Misalkan anda ingin agar objek tersebut bisa menghitung luas dan keliling persegi panjang, maka bisa di tulis:

Satu class lagi dibuat untuk menguji objek tersebut yang dinamakan misalnya class TesPersegiPanjang yang memiliki main method untuk menjalankan program.

Contoh program lengkap:

class TesPersegiPanjang untuk mendemonstrasikan:

Output:
Luas persegi panjang adalah: 108.74999999999999

Keliling persegi panjang adalah: 42.4

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*