Belajar Java 6 Penggunaan Keyword this Yang Perlu Diketahui

this adalah keyword pada bahasa pemrograman java yang berfungsi untuk mereferensikan atau mengacu ke objek yang sedang aktif. Keyword ini biasanya berhubungan langsung dengan yang namanya overload method pada program Java tersebut.

6 Penggunaan Keyword this Yang Perlu Diketahui

Ada 6 penggunaan this, yaitu :
  • dapat digunakan sebagai acuan pada instance variabel dari class
  • dapat digunakan untuk memanggil konstruktor class
  • dapat digunakan untuk memanggil method class secara implisit
  • dapat di pass-kan sebagai sebuah argumen dalam pemanggilan method
  • dapat di pass-kan sebagai sebuah argumen dalam pemanggilan konstruktor
  • dapat digunakan untuk mengembalikan instance dari class
belajar_java_penggunaan_keyword_this

 

1. Penggunaan this sebagai acuan pada variabel instance dari class

Bila ada kerancuan antara variabel instance dan parameter, maka keyword this akan memecahkan masalah kerancuan tersebut. Lihat contoh di bawah ini :

Output:

Kita lihat pada output, bahwa method tampilkan tidak memberikan nilai yang diharapkan, karena parameter dan variabel instance adalah sama, oleh sebab itulah mengapa kita menggunakan keywod this, yaitu untuk membedakan antara variabel lokal dan variabel instance.

Setelah penggunaan keyword this :

Output:

Jika variabel lokal dan variabel instance berbeda, maka tidak diperlukan penggunaan keyword this.Seperti program di bawah ini :

2. Penggunaan this() untuk memanggil konstruktor class

this() dapat digunakan untuk memanggil konstruktor class default. Pendekatan ini akan lebih baik bila kita memiliki banyak konstruktor dalam class dan ingin menggunakan ulang konstruktor tersebut. this() harus diletakkan pertama di dalam konstruktor, bila tidak, akan terjadi error.

Output:

Konstruktor this() dapat digunakan untuk menggunakan kembali konstruktor di dalam konstruktor,  sehingga membuat rantai antara konstruktor-konstruktor, yang juga disebut dengan konstruktor berantai. Seperti contoh di bawah ini :

Output:

3. Penggunaan this() untuk memanggil method class secara implisit

Kita bisa memanggil method dari class menggunakan keyword this. Bila kita tidak menggunakan keyword this, maka compiler secara otomatis menambahkan keyword this saat memanggil method.Contohnya seperti di bawah ini :

Output:

4. Keyword this dapat di pass-kan sebagai sebuah argumen dalam pemanggilan method

Keyword this dapat di pass-kan sebagai sebuah argumen dalam pemanggilan method. Terutama digunakan dalam menangani event atau dalam situasi dimana kita harus menyediakan referensi suatu class kepada class lainnya, lihat contoh di bawah ini :

Output:

5. Keyword this dapat di pass-kan sebagai sebuah argumen dalam pemanggilan konstruktor

Kita juga dapat melakukan passing keyword this dalam konstruktor. Hal ini berguna bila kita harus menggunakan satu objek dalam banyak class. Lihat contoh berikut ini :

class Karyawan

class Staff

Output:

6. Keyword this dapat digunakan untuk mengembalikan instance dari class

Kita dapat mengembalikan keyword this sebagai suatu pernyataan dari method. Dalam kasus seperti ini, tipe pengembalian / return dari method harus merupakan tipe class (non-primitif).

Syntax :

Lihat contoh di bawah ini :

class X

class TestX

Output:

Demikianlah pembahasan mengenai 6 Penggunaan Keyword this yang harus diketahui, semoga dapat menambah pengetahuan anda untuk cepat dan mudah dalam belajar Java programming.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*