Asus ZenBook 13 UX331UN: Ultraportable dan Spesifikasi Mantap

Asus ZenBook 13 UX331UN adalah laptop ultraportable. Ulasan ini akan memberikan informasi pada Anda mengenai bagaimana menurut kami Asus Zenbook itu. Banyak orang merasa senang ketika Asus mengumumkan Asus Zenbook 13 atau dikenal juga sebagai UX 331UN.

Laptop ini memiliki prosesor Intel Core i5 generasi kedelapan. Ditambah pengolah unit grafis NVIDIA berdedikasi yaitu MX 150.

Selain itu juga desain yang ditawarkan sangat premium. Tapi yang terbaik dari semua kelebihan itu adalah harga yang top.

Asus ZenBook 13 UX331UN glossy body

 

Harga Yang Relatif Bagus Dengan Spesifikasi Yang Mantap

Zen book 13 hadir menyapa Anda saat ini dengan harga sekitar 14 juta rupiah. Namun itu adalah harga yang bagus mengingat spesifikasi yang akan Anda dapatkan ketika membelinya, yaitu:

  • Prosesor Intel Kaby Lake-R Core i5 8250 8th CPU
  • Video Intel UHD 620 +
  • Layar 13.3 inci
  • RAM 8 GB DDR4 (soldered)
  • SATA SSD Storage 256 GB (M.2 80 mm)
  • GPU Nvidia GeForce MX 150
  • Memori grafis GDDR5 2GB
  • Konektivitas Nirkable AC (Intel Dual Band 8265)
  • Bluetooth 4.1
  • Ports 2x USB-A 3.1, 1 x USB-C 3.1 gen 1
  • HDMI, microSD, card reader, headphone/mic jack
  • Baterai 50 Wh, 65W Charger
  • Sistem operasi Windows 10

GPU MX 150

GPU MX 150 akan sangat membantu ketika Anda bermain game dan mengedit video.

Meskipun saat ini MX150 bukanlah menjadi GPU yang paling kuat, tetapi tentu saja GPU ini akan memberikan peningkatan kinerja dibandingkan dengan laptop yang memiliki spesifikasi serupa.

Dimensi dan Display

Berdimensi 12.20 x 8.50 x 0.54 inci, dengan berat 1.13 Kg. Laptop ini memiliki layar sentuh IPS 13,3 inci, layar glossy keren dengan resolusi 1920 x 1080 Full HD, 166 piksel per inci.

Memiliki aspek rasio 16 : 9 yang mencakup warna gamut dengan sangat baik pada 92% sRGB dan 63% Adobe RGB.

Laptop ini ideal untuk penggunaan indoor dan outdoor. Meskipun memiliki tampilan glossy namun balutan warna gelap membuatnya tampak sangat elegan.

Selain itu juga desainnya punya sudut pandang yang sangat baik. Dengan bezel yang tipis, meskipun bukan yang tertipis yang mungkin pernah Anda lihat tapi tampilannya tetap luar biasa.

Dan memang ASUS sudah melakukan pekerajaan yang sangat bagus.

Tidak hanya itu, display-nya juga sekarang mendukung penggunaan pen. Kalau Anda tidak punya Zenbook pen maka Anda juga bisa menggunakan Microsoft Surface pen tanpa ada masalah.

Anda akan merasakan sensitivitas tekanan yang bagus dan mungkin sedikit “goyangan” pada layar. Laptop ini memiliki tampilan yang responsif untuk pinch-to-zoom ataupun ketika di scroll menggunakan jari.

Di tambah dengan navigasi yang nyaman untuk sistem operasi Windows 10.

Ports

Pada sisi sebelah kiri Anda akan menemukan port HDMI, USB-C 3.1, dan USB 3.0. Namun sayangnya tidak ada Thunderbolt 3 untu pengisian daya.

ports sebelah kiri laptop Asus Zenbook 13

Kabar baiknya adalah pengisian daya baterai bisa berlangsung cepat dengan menggunakan suplai dari power charge. Tenang saja kita akan membahas daya tahan baterai dan waktu pengisian daya di bagian bawah artikel ini.

Sedangkan pada sisi bagian kanan Anda akan menemukan kembali port USB 3.0, headset jack 3.5 mm, dan slot microSD untuk penambahan kapasitas penyimpanan eksternal.

ports sisi kanan laptop Asus Zenbook 13

Anda juga akan menemukan dual lampu indikator yang akan memberitahu Anda ketika daya sedang diisi.

lampu indikator laptop memberi tahu ketika daya diisi

Sensor Fingerprint

Selanjutnya ada sensor fingerprint, di mana sensor ini terletak di keyboard, pojok sebelah kanan bawah. Setup-nya cukup mudah dan Anda bisa dengan cepat meregistrasikan jari untuk login ke Windows.

fingerprint sensor yang responsif

Keyboard

Zenbook 13 memiliki keyboard enam-baris dengan four-stage backlight. Jadi ini adalah layout full size. Dengan key travel 1.3 mm, memang terasa sedikit dangkal ketika menekan tombol.

Ketika Anda menekan keyboard atau mengetik mungkin juga keyboard akan terasa terlalu “lembek”. Ya, ini adalah keyboard yang biasa-biasa saja tapi kalau Anda pernah menggunakan keyboard yang lebih baik pasti tahu dengan jelas perbedaanya.

Pendapat ini relatif dan tingkat kenyamanan keyboard bagi tiap orang juga berbeda-beda.

Touchpad Yang Akurat

Untungnya laptop ini punya touchpad yang terasa “lebih baik” di bandingkan dengan keyboard-nya. Ini adalah hasil dari teknologi presisi Micrososft.

Gerakan multi sentuh dan gerakan scroll dengan jari pada touchpad juga terdeteksi dengan baik. Gesture pada Windows 10 bekerja dengan memuaskan seperti apa yang sudah mereka iklankan.

touchpad pada Asus Zenbook 13

Secara keseluruhan glass trackpad juga sangat bagus.

Zenbook 13 punya desain unibody metal. Dengan atasan yang sangat mengkilap mungkin bisa membuat Anda lebih sering menyeka untuk membersihkannya karena sidik jari atau noda lebih mudah menempel dan terlihat jelas.

Tapi, bagi Anda yang menyukai model glossy tentu saja desain laptop ini sesuai dengan harapan Anda. Dan tampaknya Asus menyadari hal ini, oleh sebab itu mereka menyertakan sebuah kain untuk pembersih di dalam box.

Sound

Zenbook 13 memiliki 2 speaker yang menghadap ke bawah. Speaker itu dari brand Harman Kardon. Kualitas suara yang dihasilkan dari pengaturan volume dengan laptop berukuran seperti ini juga sangat baik di mana suara bass juga terdengar cukup bagus.

Webcam

Pada bagian webcam mungkin tidak seperti yang Anda diharapkan. Karena Asus hanya menempatkan webcam VGA pada laptop premium seperti ini.

Sangat di sayangkan, kenapa mereka tidak memberikan webcam HD yang bagus pada perangkat ini atau pada semua perangkat premium yang mereka produksi.

Terserah apa kata orang lain, tapi tampaknya webcam VGA di sini ini adalah hal yang kurang bisa diterima.

Prosesor Core i5 dan Pengolah Grafis

Anda akan terkesan dengan kinerja core i5 8250 yang menujukkan skor 13,722 pada Geek bench 4.0 multicore untuk keseluruhan kinerja uji.

Pada sisi grafis Anda akan menemukan GPU GeForce MX 150 yang dapat mendukung Anda dalam melakukan video editing ataupun bermain game.

Namun, saat ini Anda tentu saja tetap harus menurunkan settingan game kalau Anda ingin bermain game kelas AAA.

Secara keseluruhan, dukungan untuk memainkan game sangat bagus. Dengan mempertimbangkan bahwa ini hanyalah laptop ultraportable yang tipis dan ringan.

Tentu saja, MX 150 tidak akan sebagus jika dibandingkan dengan GTX 1060. Namun akan cukup membantu ketika Anda ingin bermain game ataupun mengedit video.

Biasanya casing yang tips dengan CPU quad core ditambah dengan GPU khusus bisa membuat perangkat menjadi sangat panas. Kenyataanya ini tidak berlaku pada Zenbook 13.

Sistem pendingin yang dimilikinya akan membuat Anda terkesan. Bahkan hot-spot pada laptop ini tidak pernah lebih dari 35 derajat Celcius.

Drive Storage

Orang-orang mungkin akan membahas hal ini lebih sering dari pada perangkat lain dalam kategori yang sama. Laptop ini punya SATA SSD drive 256 GB. Tapi dengan harga yang berbeda, Asus juga menawarkan spesifikasi dengan kapasitas penyimpanan 512 GB.

Tidak ada masalah dengan Bluetooth 4.1 yang memiliki rentang yang sangat baik dan memiliki AC dual-band wireless 802 11. Meskipun demikian, unduhan mungkin tidak secepat pada perangkat lain dengan chipset yang sama.

Baterai dan Pengisian Daya

Asus ZenBook 13 UX331UN memiiki baterai 50 Wh dengan daya tahan sekitar 8 jam dan 40 menit ketika Anda menggunakannya untuk berselancar di internet sampai daya benar-benar habis.

Tapi, kalau Anda menurunkan settingan seperti kecerahan layar yang digunakan, mungkin saya tahan baterai bisa tembus di atas 9 jam.

Namun perlu diingat bahwa daya baterai itu juga tergantung dengan fungsi laptop tersebut ketika Anda menggunakannya.

Pengisi daya dengan DCIN mampu mengisi baterai dengan cukup cepat. Dalam waktu 49 menit, baterai bisa terisi 80%.

Meskipun port USB Type-C yang dimilikinya tidak bisa digunakan untuk mengisi daya dan memang agak memalukan.

Namun, dari pertimbangan itu kami tetap merekomendasikan laptop ini, untuk menemani Anda menjalani aktivitas yang lebih cerah, seperti display layarnya yang bagus.

Kelebihan dan Kekurangan Asus ZenBook 13 UX331UN

Kenyataanya laptop ini memiliki baerai yang tahan lama, pengolah grafis Nvidia GeForce MX 150, dan juga harga yang bagus.

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa ada kekurangan yang nyata, yaitu tidak ada dukungan untuk Thunderbolt 3. Meskipun memiliki port untuk USB C, namun ini tidak bisa di gunakan untuk mengisi daya perangkat.

Selain itu, body laptop yang mengkilat lebih susah untuk dijaga lebih bersih. Noda-noda dari jari misalnya akan lebih mudah menempel dan terlihat jelas.

Lebih sering untuk membersihkannya akan menjadi tugas rutin Anda nantinya. Demikian juga dengan keyboard yang tampaknya di bawah standard.

Kesimpulan

Memang tidak akan ada produk yang sempurna. Terlepas dari itu semua, Asus ZenBook 13 UX331UN ini adalah laptop ultraportable, dengan dukungan GPU MX 150, yang membuatnya lebih menarik adalah harga bagus yang ditawarkan.

Oleh sebab itu, di atas 90% laptop ini tetap direkomendasikan sebagai pertimbangan untuk layak Anda beli.

Jadi bagaimana menurut Anda tentang Asus Zenbook 13 ini? Apa Anda pikir bakal jadi sering buat membersihkannya? Tapi desain all-metal yang dimilikinya sangat bagus.

Jangan lupakan juga layar sentuh 13.3 inci dengan pen, touchpad dengan sensitivitas yang baik, baterai yang awet untuk ukuran laptop tipis seperti ini.

Bagian yang terbaiknya adalah GPU Nvidia MX 150 yang memberikan Anda dukungan untuk bermain game atau mengedit video.

Semoga ulasan ini bisa bermanfaat bagi Anda, dan apabila Anda ingin berbagi pengalaman dengan Asus Zenbook 13, silakan menggunakan kolom komentar di bawah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*