ASUS TUF FX505DD: Laptop Gaming Murah Tapi Berkualitas

ASUS TUF FX505DD, laptop ini sangat menarik sekali, karena apa? Karena ini murah banget untuk sebuah laptop gaming. Ok, yang kita bahas sekarang adalah versi DD, jadi tolong jangan dibandingkan dengan yang versi DY, karena versi DD ini tergolong murah.

Jadi harga murahnya seberapa? Nanti lihat akan di bahas juga di akhir artikel ini. Desain body laptop ini mirip banget dengan versi DY karena kalau Anda bandingkan bentuknya sama persis.

Desainnya juga kokoh jadi tidak akan terasa seperti laptop murahan. Walaupun kenyataanya memang ini adalah sebuah laptop gaming murah.

Jadi memang sangat susah membedakan antara tipe DD atau DY atau tipe D yang lainnya. Semuanya terasa sulit dibedakan karena sangat mirip.

Desain ASUS FX505DD

Desain khas laptop gaming dengan model TUF itu masih terasa sangat kental di sini. Asus FX505DD ini masih military grade artinya laptop ini tahan getaran, temperatur tinggi, dan lain-lain melalui tes yang udah pernah mereka lakukan.

Jadi meskipun harganya lebih terjangkau tapi Asus tetap menggunakan standar ini untuk urusan kualitas dan ketangguhannya.

Semua Port Ada Di Sebelah Kiri

Yang unik atau lucu adalah port-nya cuma ada di sebelah kiri. Ya, ini sama seperti pendahulunya. Ports tersebut antara lain adalah:

  • DC IN
  • Gigabyte Ethernet
  • HDMI 2.0
  • USB 2.0
  • USB 3.1 GEN 1
  • Jack Audio 3.5 mm

Jadi, semua port ada di sisi kiri, kalau Anda lihat ini versi DD ini sangat mirip dengan versi DY sebelumnya. Jadi mungkin cocoknya untuk pengguna yang dominan menggunakan tangan kanan. Karena bisa pakai Mouse di kanan terus enaknya nyolokin ke port di sebelah kiri.

Sementara itu kalau Anda lihat di sebelah sisi kanan laptop, Anda cuma akan menemukan  satu Kensington lock saja, tidak ada apa-apa lagi alias kosong.

Layar IPS 15.6 Inci dan Desain Kekinian

Spesifikasi layarnya adalah:

  • 15.6 inci
  • Full HD 60 HZ
  • IPS-level

Dengan tipe layar hanya tertulis di sini IPS level, maka ini mirip dengan karakter layar IPS di mana tidak banyak terjadi perubahan warna pada saat angle-nya diubah-ubah.

Layar ini tetap mendukung jika digunakan untuk editing meskipun ini bukanlah layar IPS yang benar-benar mantap. Karena layarnya juga mirip dengan layar IPS, maka masuk akal kalau Asus menyebutnya sebagai IPS-level.

Laptop ini punya resolusi 1920 x 1080 piksel dengan colour gamut yang Asus nyatakan 100% sRGB. Tapi jangan berharap lebih dengan kualitas panel yang bakal sama persis dengan panel IPS karena ternyata cukup berbeda. Kalau untuk main game atau menonton film sudah cukup bagus.

Desain bezel di kanan dan kiri memang sudah tipis, jadi memang sudah mengusung desain kekinian. Desain ini membuat ukurannya juga jadi tidak terlalu lebar, jadi tidak seperti berukuran 15,6 inci.

Laptop ini jadi lebih mirip seperti laptop 14 inci yang dulu. Jadi desainnya lumayan compact untuk sebuah laptop 15,6 inci.

Logo Asus bagian belakang berwarna silver dan logo itu bisa menyala berwarna kuning emas.

Keyboard Yang “Padat”

Keyboard pada ASUS TUF Gaming FX505DD tampaknya masih sama dengan yang lain. Sebuah keyboard yang lengkap sekali karena terdapat numpad di sisi kanan.

Keyboard laptop gaming Asus

Terlihat keyboard ini sangat padat, tapi memang Asus tampaknya tidak ingin membuang-buang tempat. Karena sisi kanan dan kirinya benar-benar hampir “habis” atau sudah tidak ada ruang tersisa lagi.

Sementara itu yang menunjukkan kalau ini adalah sebuah laptop gaming itu adalah pada tombol W, A, S, D, yang transparan. Keyboard ini juga punya backlight RGB dan Anda bisa mengaturnya melalui Armoury Crate.

Touchpad

Laptop ini memiliki touchpad berukuran normal, mungkin bagi sebagian orang letak nya agak tanggung antara spacebar dan body. Jadi kalau untuk mengetik ada kemungkinan tangan selalu mengenai touchpad ini.

Tapi kalau main game tentunya tidak masalah karena Anda bisa mematikan touchpad-nya dan menggunakan mouse.

CPU

Berikut ini adalah spesifikasi CPU:

  • Prosesor yang digunakan adalah AMD RYZEN 5 3550H
  • 4 Core, dan 8 Threads
  • TDP 35 watt
  • Base clock 1.2 GHz
  • Bus clock max 3.7 GHz

Sejauh ini laptop gaming yang mainstream di rentang harga 10 juta sampai 20 juta rupiah itu masih didominasi oleh CPU Intel dan GPU Nvidia. Sementara yang CPU-nya AMD itu baru mulai akhir-akhir ini disematkan ke laptop-laptop gaming yang mainstream salah satu contohnya adalah Asus TUF FX505DD.

RAM

Menggunakan RAM 8 GB DDR 4. Max Bandwith yang tersedia di dalamnya memang 2666, tapi settingannya memang maksimum di 2400 MHz. Jadi jangan mengira karena ram-nya 2666 ketika beroperasi juga 2666, tapi tidak demikian karena hanya 2400 saja.

Hal yang disayangkan adalah konfigurasi standarnya adalah single channel. Tapi, jangan khawatir karena untungnya ada slot kosong sehingga total ekspansi memang bisa mencapai 32 GB dual channel.

Storage

Tapi sekarang kami ingin membahas hal yang cukup menarik dari Asus TUF FX505DD ini. Meskipun ini adalah laptop gaming yang harganya terjangkau di pertengahan tahun ini, tapi untuk storage hanya diberikan 1 Terabyte hard disk yang 5400 rpm.

Mungkin Anda sudah pernah merasakan bagaimana rasanya pakai single stored hardisk di mana booting, copy data, atau buka file dan segala macamnya itu terasa sangat lama.

Makin terasa mengesalkan ketika Anda membandingkannya dengan SSD yang lebih cepat.

Ini adalah hal yang agak disayangkan, kenapa Asus tidak langsung memberikan NVMe SSD. Karena sekarang itu udah adalah hal yang sangat diperlukan.

Setidaknya untuk pengoperasian Windows saja biar semuanya terasa lebih cepat.

Sendainya kalau laptop ini menggunakan SSD paling harganya naik sekitar 500 ribu rupiah saja. Oleh sebab itu kami sarankan, biar lebih mantap kalau mau beli laptop ini sekaligus beli SSD juga.

Performa dan GPU

Di Cinebench R15, performa multicore dari AMD RYZEN 5 3550H lebih rendah dibandingkan dengan AFF 8300H yang ada di Acer Nitro 5.

Jadi kalau Anda punya rencana untuk menggunakan software seperti Adobe Premiere Pro maka rendering performancenya masih belum sebaik AFF 8300H. Tapi untuk perbedaan render time antara keduanya di Adobe Premier Pro belum sempat kami ketahui.

Sedangkan pada 3D Max Firestrike, justru terjadi sebaliknya. Di mana performa Asus FX505DD plus GTX 1050 3GB bisa mengalahkan core i5 AFF 8300 H plus GTX 1050 4GB  di Acer Nitro 5. Padahal spesifikasi di Acer Nitro 5 justru lebih tinggi. Jadi, kita bisa menganggap kinerja game antara kedua laptop ini tidak akan jauh berbeda.

Untuk performa game, laptop ini masih sangat sesuai ekspektasi untuk game-game triple A di resolusi 1080 p. Dari Game Benchmark (Frametime), misalnya untuk game seperti Assassin’s Creed Odyssey, Shadow of The Tomb Raider, dan Batman Arkham Knight, di low settings.

Performa yang ditunjukkan juga sangat playable dan stabil. Sedangkan untuk game PUBG dengan texture medium kinerjanya juga sudah baik sekali dengan rata-rata 60 fps.

Jadi untuk game lainnya yang kompetitif seperti Dota 2 juga seharusnya tidak ada masalah.

Temperatur

Ketika di coba memainkan game diruangan ber-AC selama tiga jam, CPU load dari laptop ini adalah 85 derajat Celcius sedangkan GPU load di 75 derajat celcius. Jadi, temperaturnya ini bisa dibilang masih cukup standard untuk ukuran sebuah laptop gaming.

Kekuatan Baterai

Baterai bisa bertahan selama 5 jam untuk penggunaan seperti mengetik ataupun browsing dengan level brightness 50%. Jadi baterai ini masih terbilang cukup baik.

Harga

Saat ini harga dari ASUS TUF FX505DD berkisar di 9 juta sampai 10 juta rupiah. Sebaiknya siapkan juga sedikit budget lebih untuk membeli SSD agar performanya semakin cepat dan mantap. Jangan lupa, sebaiknya Anda juga mengatahui tips membeli laptop terlebih dahulu.

Kesimpulan

Harga laptop gaming saat ini menjadi lebih terjangkau, seperti halnya dengan ASUS TUF FX505DD. Meski begitu, dengan harga yang lebih murah, laptop ini tidak memiliki penurunan kualitas yang signifikan. Demikian pula dengan ketangguhan dan kualitasnya. Masih sama seperti FX505 yang lainnya.

Bahkan performa ketika memainkan game masih bisa mengimbangi laptop game lain yang memiliki harga di atasnya. Jangan lupa, pertimbangkan untuk membeli SSD juga kalau Anda berniat untuk membeli laptop ini.

Bagi para fans laptop gaming tentunya ini juga menjadi kabar yang sangat menggembirakan di mana vendor-vendor mulai memperluas lineup mereka dengan variasi CPU lainnya seperti AMD yang kita lihat saat ini.

Tidak hanya itu, dengan harga di bawah 10 juta rupiah Asus FX505DD adalah laptop gaming murah di pertengahan tahun ini yang dapat Anda pertimbangkan untuk dibeli.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*