Asus A407MA BV001T Spesifikasi dan Review

Kalau Anda sedang mencari notebook entry level yang layak untuk dibeli maka pertimbangkan Asus A407MA BV001T. Mengapa kami sangat merekomendasikannya? Silakan Anda baca lebih lanjut spesifikasi dan review di bawah ini.

Review Asus A407MA

Ok, berikut ini adalah review mengenai notebook Asus A407MA yang sebaiknya Anda ketahui sebagai pertimbangan sebelum mengambil keputusan untuk membelinya.

Desain

Meskipun termasuk notebook murah dengan harga sekitar 3,8 jutaan, tapi dari warna body dan build quality-nya semuanya tampak elegan dan tipis jadi tidak terkesan murahan dengan semua nuansa metaliknya.

Desain laptop Asus A407MA

Meskipun Anda mungkin merasakan rangka keyboard-nya itu agak turun kalau Anda menekan tuts keyboard atau mengetik, akan tetapi menurut kami bukan jadi masalah.

Ini bisa dimaklumi karena mengingat harga yang sangat murah dan terkait dengan bobotnya yang ringan. Kelebihan desainnya yang lain adalah bobotnya yang ringan dan juga compact.

Jadi sangat mendukung untuk dibawa ke mana-mana atau untuk cocok bagi Anda yang sering bepergian.

Terdapat 4 varian warna yang bisa Anda pilih, yaitu:

  • Merah
  • Abu-abu
  • Hitam
  • Putih

Di dalam box-nya Anda akan mendapatkan manual book dan juga kartu garansi. Garansi resmi untuk ukuran 14 inci adalah 2 tahun, resmi dari Asus. Sedangkan ukuran 12 atau 10 inci garansinya adalah 1 tahun saja.

Notebook ini tidak memiliki DVD room. Jika Anda lihat dibagian atas layar ada konturnya seperti garis-garis. Sementara itu di bagian belakang Anda akan menemukan stiker include Windows 10 original, dengan demikian Anda tidak perlu repot untuk menginstal sistem operasi.

Display

Notebook Asus A407MA ini memiliki layar display dengan ukuran 1366 x 768 dan memang belum full HD dengan bezel kanan dan kiri sangat tipis atau NanoEdge Display.

Display laptop Asus A407MA BV001T

Ini juga menjadi kelebihannya karena menurut kami jarang sekali ada di notebook yang entry-level di kisaran harga 3 jutaan dengan desain seperti ini, sehingga tentu memiliki daya tarik tersendiri.

Charger dan Baterai

Notebook ini dilengkapi dengan satu buah adapter charger 1,75 Ampere. Colokannya ukuran medium, jadi pastikan kalau Anda mengalami kehilangan atau kerusakan Anda bisa mencari penggantinya dengan output 1,75 ampere.

Daya tahan baterainya sendiri secara mengejutkan bisa mencapai 4 jam atau lebih jika hanya digunakan untuk menonton film ataupun browsing. Atau bisa mencapai 5 jam untuk pemakaian standar dengan kecerahan layar yang di set ke low.

Ini berkat prosesor Intel Celeron N4000 yang memiliki bus clock 1GHz sehingga mampu membuat konsumsi daya menjadi lebih rendah.

Fitur

Asus A407MA ini sudah memiliki fingerprint.  Selain itu terdapat RAM 4GB yang bisa di ekspansi sampai 8GB. Untuk storage menggunakan hardisk dengan kapasitas 1 Terabyte.

Meskipun belum ada di DVD ROM tetapi notebook ini memiliki slot untuk bisa dipasang SSD. Jadi kalau misalnya storage 1 TB itu tidak cukup maka Anda bisa menambahnya dengan SSD.

Spesifikasi Full Dari Asus A407MA BV001T

Berikut ini adalah spesifikasinya:

  • Display: 14 inci, aspek rasio 16:9, LED Backlit HD (1366 x 768) dengan Asus Splendid
  • Prosesor: Intel Celeron N4000 up to 2.6 GHz
  • RAM: DDR4 4GB dengan tambahan satu slot ekspansi sampai 8GB
  • Grafik: Integrated Intel UHD Graphic 600
  • Storage: HDD 5400 rpm, 1 TB / 128 GB SSD
  • Sistem Operasi: Windows 10 Home
  • Interface: 1 x USB 2.0, 1 x USB 3.0, 1 x HDMI, 1 x 3.5 mm Audio Jack, 1 x Micro SD Reader
  • Fingerprint sensor
  • Asus SonicMaster Technology
  • Bluetooth 4.1
  • VGA Webcam

Performa

Untuk performanya sendiri, notebook ini sangat bisa diandalkan terutama di saat dipakai multitasking berbagai aplikasi. Entertainment bekerja dengan baik, bisa dalam satu notebook saja.

Video dan photo editing menggunakan software seperti Adobe juga bisa dijalankan tanpa masalah. Meski demikian, Anda harus bersabar sedikit dalam proses rendering ataupun exporting. Ini karena prosesornya yang masuk kategori entry-level dan tanpa diskrit pengolah grafis.

Salah satu hal lainnya yang membuat notebook ini layak Anda pertimbangkan adalah performa gamingnya. Notebook ini memang tidak memiliki dedicated graphic card. Tetapi untuk game-game yang sempat populer pada zamannya masih bisa dijalankan di notebook ini.

Misalnya game Tomb Raider, Need for Speed undercover 2, GTA San Andreas, dan banyak game lainnya yang dirilis sebelum tahun 2011. Tentu saja memainkannya dengan settingan grafik dan resolusi yang rendah.

Port

Di sebelah kiri ada lubang untuk charging berukuran medium, satu slot micro SD, satu port HDMI, satu port USB 3.0, dan 1 lubang jack audio model terbaru dengan satu lubang dimana bisa menggunakan headset atau earphone dari smartphone kesayangan anda.

Lubang kipasnya juga ada di sebelah kiri,  berada di bawah, pastikan anda tidak menutupi lubang ini saat notebook anda sedang digunakan karena transfer panas ke luar bisa overheat. Untuk bagian depan tidak ada sama sekali slot apapun.

Kemudian di sebelah kanan hanya ada satu buah port USB 2.0, lampu indikator power, dan lampu indikator baterai yang menunjukkan apakah notebook itu sedang dicharge atau tidak. Selain itu ada juga alat untuk mengunci atau sebuah lock untuk display.

Notebook ini tidak memiliki VGA out, jadi kalau anda mau menggunakan proyektor maka Anda bisa menggunakan converter HDMI to VGA.

Juga tidak ada DVD room sehingga ukuran tebalnya bisa berkurang dan beratnya pun hanya sekitar 1,9 kg. Sehingga menjadikan notebook ini sangat tipis dan mudah di bawa ke mana saja.

Untuk itu, Anda bisa menjadi mempertimbangkan untuk membeli membeli HDMI to VGA atau membeli USB to VGA secara terpisah.

Tapi kalau anda menggunakan proyektor, LCD, atau bahkan TV LED yang sudah menggunakan HDMI maka tentu sudah tidak ada masalah lagi.

Keyboard

Tampilan keyboardnya menggunakan model yang seperti biasanya, tidak ada yang istimewa. Meskipun demikian, terasa nyaman ketika dipakai.

Asus A407MA USB port dan keyboard

Tombol power terletak seperti biasa di pojok kanan pada bagian keyboard. Jadi Anda jangan sampai salah ketika sedang mengetik kemudian ingin mendelete dan Anda belum terbiasa, mungkin saja Anda malah menekan tombol power ini dan efeknya notebook bisa sleep atau hibernate.

Fingerprint

Pada bagian touchpad terdapat fingerprint screen. Dengan demikian untuk melakukan unlock saat Windows sedang terkunci, Anda tidak perlu memasukkan lagi password.

Cukup gunakan fingerprint ini dan Anda bisa mensettingnya di control panel. Anda bisa memberikan password pada notebook Anda sekaligus melakukan scanning untuk fingerprint tersebut.

Prosesor dan Pengolah Grafis

Untuk prosesor menggunakan prosesor terbaru Intel Celeron N4000 Gemini Lake, dengan garansi 2 tahun, dan RAM 4GB dengan kapasitas hardisk 1 Terabyte.

Bios yang digunakan seperti biasanya versi 204, jadi sudah cukup mudah dipahami. Yang menarik di sini yaitu processor N4000 ini menggunakan base Intel Atom-1100 yang diupgrade.

Sementara itu, pengolah grafis adalah Intel UHD graphics 600.  Jadi ini masih grafik bawaannya, dengan kata lain tidak memiliki dedicated graphics card. Di bios Advance mode tidak ada yang berbeda hampir semuanya sama, tapi internal graphics device hanya 64 MB untuk bawaannya.

Boost mode bisa mencapai 2 GHz, tapi sekencang-kencangnya prosesor ini jangan terlalu berharap lebih karena ini adalah prosesor sekelas dual core.

Sistem Operasi

Notebook ini punya sistem operasi Windows 10 Home single dan sudah menggunakan sistem 64 bit. Tips bagi Anda kalau RAM sudah diatas 2GB usahakan menggunakan sistem 64 bit.

Sedangkan kalau RAM di bawah 2GB Anda bisa menggunakan sistem 32 bit. Tapi kalau RAM 4GB menggunakan 32 bit maka RAM itu hanya akan terbaca mungkin 2,8 dan tidak akan mencapai 4GB.

Kesimpulan

Asus A407MA BV001T ini adalah notebook murah yang sangat layak dipertimbangkan untuk di beli. Terutama jika Anda adalah mahasiswa atau pelajar, atau karyawan yang sedang mencari notebook pertama kali.

Ini karena performa yang sangat baik sesuai dengan harganya, daya tahan baterai yang bagus, serta bobot yang ringan memudahkan untuk di bawa kemana saja. Body notebook yang tipis dan compact menjadikannya Extremely Portable, akan sangat cocok bagi Anda yang punya mobilitas tinggi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*